مشكلات البيئة اللغوية المصطنعة وحلّها في ترقية مهارة الكلام للطلبة بمعهد دار النجاح فتاهونان سومبرسوكو لوماجانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Dzurotus Stimaril Fu'adil ula (2018) مشكلات البيئة اللغوية المصطنعة وحلّها في ترقية مهارة الكلام للطلبة بمعهد دار النجاح فتاهونان سومبرسوكو لوماجانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dzurotus Stimaril Fu`adil Ula_D92213083.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren Darun Najah Petahunan Sumbersuko Lumajang adalah salah satu pondok pesantren yang mempunyai program pengembangan bahasa asing khususnya Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Aktifitas berbahasa santri lebih banyak dari pada di pondok lain, adapun kemampuan berbicara santri juga berbeda dengan yang tidak menetap dipondok ini. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. lingkungan bahasa artifisial di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Sumbersuko Lumajang. 2. Kemampuan berbicara santri di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunana Sumbersuko Lumajang. 3. Masalah-masalah lingkungan bahasa artifisial dalam meningkatkan keterampilan berbicara santri di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Sumbersuko Lumajang. 4. Solusi dari masalah-masalah lingkungan bahasa artifisial dalam meningkatkan keterampilan berbicara santri di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Sumbersuko Lumajang. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Objek penelitian ini adalah ketua bahasa, guru bahasa arab, dan santri Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Sumbersuko Lumajang. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan triangulasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan bahasa artifisial di Pondok Pesantren Darun Najah Sumbersuko Lumajang terbagi menjadi 2 yaitu lingkungan bahasa artifisial di dalam kelas dan lingkungan bahasa artifisial di luar kelas. Hasil tes keterampilan berbicara bahasa arab menunjukkan bahwa ada 6 kriteria kemampuan kalam yang sesuai dengan aspek penilaian yaitu kefasihan, kelancaran dan lahjah. Adapun masalah-masalah lingkungan bahasa diantaranya: malu atau takut salah, lupa mufrodat, kurangnya pengawasan dan penguatan, dan berkomunikasi dengan murid yang tidak menggunakan bahasa arab. Solusinya, dengan menerapkan wajib berbahasa dan adanya mahkamah dan penasehat bahasa serta mata-matanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Dzurotus Stimaril Fu'adil uladzurotus.stimaril29@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Komunikasi
Linguistik
Keywords: Masalah lingkungan bahasa artifisial; maharah kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ula Dzurotus Stimaril Fu'adil
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:40
Last Modified: 15 Nov 2018 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28574

Actions (login required)

View Item View Item