Urgensi Ilmu Makki dan Madani dalam penafsiran Al Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Moh. (1995) Urgensi Ilmu Makki dan Madani dalam penafsiran Al Quran. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Fauzi_069010142.pdf

Download (13MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28579

Abstract

Al-Qur'an tidak diturunkan sekaligus, tetapi diturunkan secara bertahap ayat demi ayat dan surat demi surat selama 23 tahun. Diantaranya ada yang turun sebelum hijrah di Makkah dan ada pula yang turun sesudah hijrah di Madinah. Sebagaian surat atau ayat diturunkan di medan perang tidak di Makkah dan tidak pula di Madinah. Seperti surat Al-Fath diturunkan diantara Makkah dan Madinah menyangkut persoalan Hudaibiyah. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah cara mengetahui ayat atau surat Makki dan Madani? Apakah berbedaan antara ayat Makki dan Madani? Mengapa Al-Qur'an tidak disusun berdasarkan tertib turunya ayat atau surat? Dimanakah letak urgensi ilmu Makki dan Madani dalam penafsiran ayat-ayat Al-Qur'an? Bagaimanakah perhatian ulama' terhadap ilmu Makki dan Madani? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ayat dan surat Makki dan Madani. Untuk mengetahui perbedaan ayat Makki dan Madani. Untuk mengetahui tertib turunnya ayat-ayat Al Qur'an. Untuk mengetahui urgensi ilmu Makki dan Madani dalam penaf siran Al-Qur'an. Untuk mengetahui sejauh mana perhatian ulama terhadap ilmu Makki dan Madani. Sumber data diperoleh dari data primer dan skunder dengan metode pengga lian data bercorak leterer, library reseach, yaitu dengan mengumpulkan data dari buku-buku. Data-data yang ada relefansinya dengan obyek pembahasan dicatat dan dikaji serta diana lisa melalui prosedur conten analisis (analisa isi) kemudian dikonformasikan dengan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits. Kesimpulan yang diperoleh dalam pembahasan ini diantaranya adalah bahwa cara unuk mengetehui ayat/surat Makki dan Madani adalah berdasarkan riwayat-riwayat dari para sahabat Rasulullah dan berdasarkan pada ciri-ciri Makki dan Medani. Pada umumnya ayat yang turun di Makkah itu pendek-pendek. Sebaliknya ayat-ayat yang turun di Madinah itu panjang-panjang. Ayat dan surat dalam Al-Qur'an tidak disusun berdasarkan tertib turunnya, karena ayat-ayat Al-Qur'an disusun berdasarkan atas tauqifi, yaitu berdasarkan petunjuk dari Nabi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, Moh.--UNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Ilmu Makki; Ilmu Madani; penafsiran Al Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2018 04:00
Last Modified: 15 Nov 2018 09:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28579

Actions (login required)

View Item View Item