Pengaruh Desired Service dan Adequate Service terhadap loyalitas nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sebrina, Wahyu (2018) Pengaruh Desired Service dan Adequate Service terhadap loyalitas nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Wahyu Sebrina_G74214128.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan antara variabel Desired Service dan Adequate Service Terhadap Loyalitas Nasabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif assosiatif melalui kuesioner dengan instrumen skala likert. Subjek dalam penelitian ini merupakan nasabah Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo dengan jumlah sampel sebanyak 98 responden. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan teknik Non-Probability Sampling. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji linear berganda dan uji koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS statistic ver. 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan untuk uji hipotesis, secara parsial (uji t) variabel desired service berpengaruh secara signifikan dengan nilai sebesar 2,668 > 1,988, sedangkan uji t pada variabel adequate service dinyatakan berpengaruh signifikan dengan nilai sebesar 3,915 > 1,988. Kemudian untuk uji simultan kedua variabel bebas dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan dengan perolehan nilai fhitung 25,749 > ftabel 3,09 dengan signifikasi 0,000. Nilai R square sebesar 0,352 menunjukkan bahwa pengaruh kedua variabel bebas sebanyak 35,2% dan sisanya 64,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah agar Pegadaian Syariah Sidoarjo terus meningkatkan pelayanan dan berusaha untuk memenuhi keinginan atau harapan nasabah guna mempertahankan eksistensi perusahaan dimata nasabah dan masyarakat luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sebrina, Wahyuwaseb1709@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Manajemen
Keywords: Desired Service; Adequate Sevice; Loyalitas Nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sebrina Wahyu
Date Deposited: 15 Nov 2018 05:05
Last Modified: 15 Nov 2018 05:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28581

Actions (login required)

View Item View Item