تكوين البيئة اللغوية في ترقية مهارة كلام اللغة العربية: دراسة مقارنة بمعهد الأمانة الإسلامي جنوانجي كريان سيدوأرجو ومعهد نور الأمة الإسلامي باشيت موجوكرطا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kirana, Prifianza Verda (2018) تكوين البيئة اللغوية في ترقية مهارة كلام اللغة العربية: دراسة مقارنة بمعهد الأمانة الإسلامي جنوانجي كريان سيدوأرجو ومعهد نور الأمة الإسلامي باشيت موجوكرطا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Prifianza Verda Kirana_D02214016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode Bi’ah Lughawiyah sudah sangat banyak di gunakan di pondok-pondok pesantren di Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara santri, metode ini merupakan metode dengan membuat lingkungan sebagai tempat interaksi satu sama lain denganmenggunakan bahasa arab sebagai alat komunikasinya. Akan tetapi masing-masing pondok memiliki bermacam-macam cara dan sistem-sistem yang berbeda dalam membentuk lingkungan berbahasa tersebut oleh karena itu penulis ingin meneliti dan membandingkan pembentukan Bi’ah Lughowiyah di dua pondok yang berbeda. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana kemampuan keterampilan berbicara santri Pondok Al-amanah Junwangi Krian Sidoarjo dan Pondok Nurul Ummah Pacet Mojokerto?, 2. Bagaimana pembentukan lingkungan berbahasa dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab di Pondok Al-amanah Junwangi Krian Sidoarjo dan Pondok Nurul Ummah Pacet Mojokerto?, 3. Bagaimana perbandingan pembentukan lingkungan berbahasa dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab di Pondok Al-amanah Junwangi Krian Sidoarjo dan Pondok Nurul Ummah Pacet Mojokerto? Dalam permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mendatangi langsung dua pondok pesantren tersebut untuk mengetahui bagaimana penerapan Bi’ah Lughowiyah di pondok pesantren tersebut. Sedangkan interview dilakukan secara langsung kepada santri dan ketua lembaga bahasa yang menangani kegiatan kebahasaan. Adapun dokumentasi yang terkumpul berupa gambar observasi dan catatn hasil wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1. Santri dari dua pondok pesantren memiliki penguasaan kosa kata yang baik, 2. Pondok pesantren Al-amanah menggunakan metode Rosmiyah yang mewajibkan santri berbicara bahasa arab di dalam dan di luar pesantren, sedangkan pondok pesantren Nurul Ummah menggunakan metode Ghoirurosmiyah yang mewajibkan santri berbahasa arab hanya di dlam lingkungan asrama, 3. Secara umum pondok Nurul Ummah tampak lebih disiplin dalam menerapkan sistim Bi’ah Lughowiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kirana, Prifianza Verdafree.v.and.za@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Lingkungan Berbahasa; Keterampilan Berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Kirana Prifianza Verda
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:51
Last Modified: 16 Nov 2018 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28583

Actions (login required)

View Item View Item