Pemanfaatan masjid dalam menunjang prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di Sekolah Dasar Islam Maryam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Moch. Miftahul (2000) Pemanfaatan masjid dalam menunjang prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di Sekolah Dasar Islam Maryam Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moch. Miftahul Huda_D01394192.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28603

Abstract

Pemanfaatan masjid yang berada di tengah-tengah sekolah adalah dengan diwajibkannya jama’ah sholat Jum’at, sholat fardhu tertentu, pengadaan kegiatan baca tulis al-Qur’an, pengajian agama dan lain-lain. Masjid adalah sentral untuk menimba ilmu. Tidak terbatas soal agama saja, namun cabang-cabang ilmu lain, semisal seni, budaya, politik, bahasa dan sebagainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1. Bagaimanakah pemanfaatan keberadaan masjid di tengah-tengah SD Islam Maryam Surabaya, 2. Apakah siswa dan guru memanfaatkan adanya masjid di sekolah tersebut, 3. Apakah pemanfaatan keberadaan masjid dapat menunjang prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SD Islam Maryam Surabaya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1. Keberadaan masjid di tengah-tengah SD Islam Maryam Surabaya dapat dimanfaatkan oleh para guru, pelajar maupun oleh umum. 2. Bagi guru dan murid, masjid dapat digunakan sebagai sarana kegiatan praktek pelajaran pendidikan agama Islam seperti praktek sholat sunnah dan wajib, wudhu, dan baca tulis al-Qur’an. Sedangkan bagi kalangan umum dapat digunakan sebagai sarana sholat berjamaah dan pengajian rutin yang dikelola oleh ta’mir/ pengurus masjid. 3. Keberadaan masjid sedikit banyak dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Dengan kata lain terdapat pengaruh Antara keberadaan masjid dengan keberhasilan prestasi belajar pendidikan agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Moch. MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masjid
Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Pemanfaatan masjid; prestasi belajar; pendidikan agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2018 08:28
Last Modified: 15 Nov 2018 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28603

Actions (login required)

View Item View Item