Tafsir Teologi Sosial: studi Hermeneutika Hassan Hanafi pada Surat Ali Imran Ayat 18

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Holili, Holili (2018) Tafsir Teologi Sosial: studi Hermeneutika Hassan Hanafi pada Surat Ali Imran Ayat 18. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Holili_E73214052.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini akan menelaah metode penafsiran hermeneutik Hassan Hanafi dalam kaitannya dengan QS Ali Imran ayat 18. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan hermeneutika Hassan Hanafi sebagai salah satu metodologi penafsiran yang menekankan pada aspek aksiologis sebuah teks, kemudian aplikasinya pada QS Ali Imran ayat 18 sebagai salah satu ayat Tauhid. Untuk mewujudkan itu, proses penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian pustaka (library research) dengan metode deskriptif-analitik, dan melalui pendekatan normatif-fenomenologis, terhadap karya-karya utama Hassan Hanafi sebagai data primer. Tahapan tersebut secara umum meliputi: Pertama, menampilkan bangunan metodologis hermeneutika Hassan Hanafi yang memperhatikan unsur kesadaran sejarah, kesadaran teks Quran, dan—yang paling utama adalah—kesadaran praktis. Kedua, menelaah surat Ali Imran ayat 18 yang memotret sikap teologis manusia, serta asas hukum dan konsep tentang keadilan bagi orang berilmu, yang selama ini diabaikan secara pemahaman dan praktik. Berdasarkan tahapan tersebut muncullah temuan, bahwa surat Ali Imran ayat 18 merupakan ayat tauhid, yang bagi Hassan Hanafi tidak hanya mencakup dimensi teologis manusia, tetapi juga dimensi sosial manusia. Selain itu, tauhid tidak cukup hanya dengan ikrar atau ucapan lisan. Jauh daripada itu, ia harus ditransformasikan dalam bentuk tindakan (action). Sehingga keyakinan akan keesaan Allah dapat berimplikasi pada kehidupan sosial manusia. Implikasi sosial, kaitannya dengan kesaksian orang berilmu dalam surat Ali Imran ayat 18, adalah ketentuan untuk mewujudkan cita-cita sosial yang luhur, sebagai tanggungjawab moral dalam menjalankan tugas al-Qisth, yakni dengan tunduk pada prinsip dasar Islam yang universal, dan mengembalikan nilai-nilai egalitarianisme yang tidak mengenal kasta dan status sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Holili, Holiliholiligaul96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemikiran
Teologi
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Hermeneutik; Hassan Hanafi; QS Ali Imran (18); Tauhid Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Holili Holili
Date Deposited: 16 Nov 2018 08:23
Last Modified: 16 Nov 2018 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28623

Actions (login required)

View Item View Item