Pengaruh model Blended Learning Berbasis Moodle terhadap kemampuan Self-Regulated Learning siswa dalam belajar Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wiryanto, Hellman Setiyoko (2018) Pengaruh model Blended Learning Berbasis Moodle terhadap kemampuan Self-Regulated Learning siswa dalam belajar Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hellman Setiyoko Wiryanto_D04212008.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menyajikan deskripsi mengenai pengaruh belajar menggunakan model blended learning berbasis moodle terhadap kemampuan self-regulated learning siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan pendekatan eksperimen dengan subyek 35 siswa kelas XI IPA-5 SMAN 1 Driyorejo tahun ajaran 2017/2018. Data dikumpulkan menggunakan angket kemampuan self-regulated learning yang disebar sebelum dan sesudah belajar menggunakan model blended learning berbasis moodle. Data dianalisis secara kualitatif melalui prosedur kategorisasi jenjang ordinal dan secara kuantitatif melalui prosedur statistik dan perhitungan secara empiris. Prosedur statistik yang dikenakan adalah uji Wilcoxson signed rank test. Sedangkan, secara empiris dilakukan prosedur prthitungan menggunakan rumus effect size, Common Language dan N-gain yang hasilnya diterjemahkan sesuai dengan interpretasi nilai perhitungan yang dapatkan. Hasilnya, sebelum menggunakan model blended learning berbasis moodle 13 siswa mempunyai kemampuan self-regulated learning yang tinggi, 19 siswa berkemampuan sedang dan 3 siswa berkemampuan rendah. Setelah menggunakan model blended learning berbasis moodle, tidak ada siswa yang berkemampuan rendah, 30 siswa berkemampuan tinggi dan 5 siswa berkemampuan kemampuan sedang. Selanjutnya, secara statistik kemampuan self-regulated learning yang dimiliki siswa berbeda menjadi lebih tinggi dari pada sebelumnya. Dengan ini menunjukkan, terdapat pengaruh yang besar serta peluang pengaruh yang positif. Sehingga, belajar menggunakan model blended learning berbasis moodle efektif dalam meningkatkan kemampuan self-regulated learning pada taraf efektifitas sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wiryanto, Hellman Setiyokosocial.mentorhebat@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Psikologi > Self Regulated Learning
Keywords: Blended Learning; Moodle; Self-Regulated Learning; Belajar Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wiryanto Hellman Setiyoko
Date Deposited: 16 Nov 2018 07:33
Last Modified: 16 Nov 2018 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28631

Actions (login required)

View Item View Item