Metodologi Tafsir al Abraar: juz ‘amma karya Mustafa Baisa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunaryo, Sunaryo (2018) Metodologi Tafsir al Abraar: juz ‘amma karya Mustafa Baisa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sunaryo_E73214067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kajian kritis terhadap metodologi penafsiran menduduki peran yang penting dalam khazanah kajian tafsir itu sendiri. Dengan begitu menjadi dasar dari penelitian ini, yang berusaha menjawab rumusan masalah, tentang metode dan corak penafsiran Mustafa Baisa dalam tafsirnya Tafsir al-Abraar: Juz ‘Amma. Hal ini sangat perlu untuk dibahas, karena untuk mengetahui peran masyarakat —entah terbilang sebagai ustadz di Desa maupun di Kota— dalam khazanah perkembangan tafsir di Indonesia. Secara umum, penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan kajian kepustakaan (library research), melalui literature ilmiah dan buku dokumen. Produk penafsiran Mustafa Baisa menjadi sumber primer utama untuk menjelaskan atau mendeskripsikan konsep tentang konsep penafsiran yang mencakup bentuk, metode dan corak penafsiran. Dengan hal itu, diperlukan teori-teori tentang metodologi penafsiran untuk menentukan sebagaimana yang dikaji. Dari hasil penelitian penulis, konsep penafsiran Mustafa Baisa dalam tafsir al-Abrar tidak lepas dari sumber naqly dan aqly. Kedua sumber tersebut meliputi, al-Qur’an, sunnah, riwayat sahabat, isra’illiyat maupun tidak secara langsung mengutip pendapat-pendapat mufasir terdahulu. Selanjutnya, aspek metode, penafsiran Mustafa Baisa dalam Tafsir al-Abraar dapat tergolongkan tafsir tahlily dengan kriteria, keluasan penjelasan, runtut sebagaimana runtutan mushafy, dan munasabah ayat maupun asbab an-Nuzul. Kemudian corak yang digunakan oleh Mustafa Baisa ini termasuk corak umum, yaitu dalam penafsiran Mustafa Baisa tidak condong ke salah satu corak. Dalam hal ini terdapat dua corak yang seimbang, yaitu corak adabi ijtima’i dan corak ilmi. Dengan demikian, Tafsir al-Abraar karya Mustafa Baisa termasuk bagian dari produk tafsir al-Qur’an yang berkembang di Indonesia. Penulisan tafsirnya, merupakan hal baru ketika pada masanya, karena melihat masyarakat Indonesia saat itu masih dalam keadaan kurangnya pondasi-pondasi agama maupun ilmu pengetahuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunaryo, Sunaryosuksesnaryo@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Tafsir al-Abraar; Mustafa Baisa; metodologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Sunaryo Sunaryo
Date Deposited: 16 Nov 2018 07:31
Last Modified: 16 Nov 2018 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28649

Actions (login required)

View Item View Item