Analisis tipe keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika ditinjau dari big five personality

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisarah, Akira (2018) Analisis tipe keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika ditinjau dari big five personality. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Akira Maisarah_D94214091.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keterlibatan siswa adalah usaha sadar siswa dalam melibatkan dirinya dalam pembelajaran matematika dengan meliputi tiga dimensi, kognitif, perilaku, dan emosi. Terdapat 5 tipe keterlibatan siswa yaitu authentic engagement, ritual engagement, passive compliance, retreatism, dan rebellion. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tipe keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika yang ditinjau dari big five personality. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa angket (untuk pengambilan sampel), observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa openness (O) memiliki tipe keterlibatan otentik (authentic engagement), yaitu siswa yang mengikuti pembelajaran karena ingin menguasai materi dan merasa materi yang diajarkan dibutuhkan dalam kehidupan. Siswa conscientiousness (C) memiliki tipe keterlibatan formalitas (ritual engagement), yaitu siswa yang mengikuti pembelajaran karena ingin mendapatkan nilai, peringkat kelas atau pengakuan dari orang lain. Siswa agreeableness (A) memiliki tipe keterlibatan penghindar resiko (passive compliance), yaitu siswa yang mengikuti pembelajaran agar terhindar dari hukuman atau konsekuensi yang tidak diinginkan. Siswa extraversion (E) memiliki tipe keterlibatan yang sama dengan siswa agreeableness (A) yaitu penghindar resiko (passive compliance), yang membedakan ialah siswa extraversion (E) tidak terlibat secara emosional selama pembelajaran. Untuk kepribadian yang terakhir, yaitu siswa neuroticism (N) memiliki tipe keterlibatan mengasingkan diri (retreatism), tidak terlibat dalam pembelajaran dan aktif melakukan aktivitas di luar pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisarah, Akiraayirasarah3@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Tipe keterlibatan siswa; big five personality; pembelajaran matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Maisarah Akira
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:02
Last Modified: 19 Nov 2018 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28666

Actions (login required)

View Item View Item