Profil Literasi Finansial siswa dalam memecahkan masalah Aritmatika Sosial berdasarkan kemampuan berpikir kreatif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iin, Hurin (2018) Profil Literasi Finansial siswa dalam memecahkan masalah Aritmatika Sosial berdasarkan kemampuan berpikir kreatif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hurin Iin_D94214078.pdf

Download (6MB)

Abstract

Literasi finansial adalah seperangkat keterampilan dan pengetahuan yang memungkinkan individu untuk membuat keputusan efektif terhadap pengelolaan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi finansial siswa berdasarkan kemampuan berpikir sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif, dan tidak kreatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 5 siswa. 1 siswa dengan kemampuan berpikir sangat kreatif, 1 siswa dengan kemampuan berpikir kreatif, 1 siswa dengan kemampuan berpikir cukup kreatif, 1 siswa dengan kemampuan berpikir kurang kreatif, 1 siswa dengan kemampuan berpikir tidak kreatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa laporan proyek literasi finansial, kemudian data dianalisis berdasarkan indikator pada tiap level literasi finansial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berpikir sangat kreatif memiliki literasi finansial yang paling tinggi karena mampu memenuhi 25 indikator dari 29 indikator lima level literasi finansial. Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif memiliki literasi finansial tertinggi kedua setelah siswa dengan kemampuan berpikir sangat kreatif, karena mampu memenuhi 21 indikator dari 29 indikator lima level literasi finansial. Siswa dengan kemampuan berpikir cukup kreatif memiliki literasi finansial tertinggi ketiga, karena hanya mampu memenuhi 16 indikator dari 29 indikator lima level literasi finansial. Siswa dengan kemampuan berpikir kurang kreatif memiliki literasi finansial tertinggi keempat, karena hanya mampu memenuhi 15 indikator dari 29 indikator lima level literasi finansial. Untuk siswa dengan kemampuan berpikir tidak kreatif memiliki literasi finansial yang paling rendah karena hanya mampu memenuhi 10 indikator dari 29 indikator lima level literasi finansial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iin, Hurinhuriniin08@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Literasi Finansial; Pemecahan Masalah; Tugas Proyek; Aritmatika Sosial; Kemampuan Berpikir Kreatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hurin
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:44
Last Modified: 19 Nov 2018 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28672

Actions (login required)

View Item View Item