Dampak ajaran dharma terhadap kehidupan keberagamaan bagi jamaat Vihara Buddha Kirti Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanafi, Hanafi (2018) Dampak ajaran dharma terhadap kehidupan keberagamaan bagi jamaat Vihara Buddha Kirti Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hanafi_E72214017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua persoalan, yaitu: pertama, bagaimana konsep dan praktik ajaran Dharma di Vihara Buddha Kirti Surabaya. Kedua, bagaimana dampak ajaran Dharma terhadap kehidupan sosial atau keagamaan di Vihara Buddha Kirti Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena penelitian ini melukiskan suatu gambaran mengenai dampak ajaran Dharma dalam kehidupan sosial maupun keagamaan. Dalam pengetahuan keagamaan setiap pribadi umat Buddha harus cenderung kepada sikap keberagamaan dalam mengetahui keagamaan umat Buddha yaitu Dharma. Dalam hal ini baik itu sikap keagamaan ataupun pengetahuan keagamaan sama-sama penting, karena menjadi landasan utama dalam memahami ajaran Agama Buddha, karena untuk membangun kualitas kehidupan beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ajaran Dharma, dan penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh ajaran Dharma dalam sikap keberagamaan, ajaran ini tidak hanya menyangkut ibadah ritual saja melainkan juga bagaimana mengaplikasikan ajaran tersebut dalam hubungan sosial. Penelitian ini dilaksanakan di Vihara Buddha Kirti Surabaya menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan juga studi dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Hasil yang diperoleh dari penelitian: pertama, bahwa dalam memberikan pengajaran Dharma melalui Khotbah, diskusi, dan bimbingan keagamaan. Kedua bahwa ajaran Dharma memberikan pengaruh yang sangat besar dalam dalam hal keagamaan maupun dalam hal sosial artinya umat Buddha mampu mengaktualisasikan Dharma dalam kehidupan sehari-harinya, meskipun peneliti menunjukkan bahwa dalam menerapkan ajaran tersebut kembali lagi kepada individu umat karena sesuai dengan tingkat kebijaksanaan dan kedudukan sosial masing-masing. Jika hubungan sosial ini terwujud maka umat akan mendapatkan hasil kesadaran dalam kerukunan umat hidup bersama secara berdampingan, perdamaian, dan toleransi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanafi, Hanafihanafi-imam66@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pengajaran
Keywords: Dharma; Buddha; keberagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Hanafi Hanafi
Date Deposited: 19 Nov 2018 04:53
Last Modified: 09 Jan 2019 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28687

Actions (login required)

View Item View Item