Profil Berpikir Komputasi dalam menyelesaikan Bebras Task ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Imroatul (2018) Profil Berpikir Komputasi dalam menyelesaikan Bebras Task ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Imroatul Mufidah_D94214100.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berpikir komputasi adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan melalui keterampilan dekomposisi, pengenalan pola, berpikir algoritma, dan abstraksi serta generalisasi pola untuk mendapatkan suatu penyelesaian. Siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis yang berbeda memiliki kemampuan berpikir komputasi yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasi siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan bebras task ditinjau dari perbedaan kecerdasan logis matematis yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi, 2 siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang, dan 2 siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis (bebras task) dan wawancara, kemudian data dianalisis berdasarkan indikator berpikir komputasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berpikir komputasi siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi dalam menyelesaikan bebras task adalah dekomposisi, pengenalan pola, berpikir algoritma, serta generalisasi dan abstraksi pola. Adapun berpikir komputasi siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang dalam menyelesaikan bebras task adalah dekomposisi, pengenalan pola, dan berpikir algoritma. Sedangkan, berpikir komputasi siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah dalam menyelesaikan bebras task adalah dekomposisi dan berpikir algoritma.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Imroatulimroah_f@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Berpikir komputasi; bebras task; kecerdasan logis matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mufidah Imroatul
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:56
Last Modified: 19 Nov 2018 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28697

Actions (login required)

View Item View Item