Analisis proses menyelesaikan masalah aljabar menggunakan Onto Semiotic Approach (OSA) siswa dibedakan berdasarkan gaya kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Muhammad Faizul Humami (2018) Analisis proses menyelesaikan masalah aljabar menggunakan Onto Semiotic Approach (OSA) siswa dibedakan berdasarkan gaya kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Faizul Humami Ula_D04214014.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses menyelesaikan masalah aljabar menggunakan Onto Semiotic Approach (OSA) adalah proses menemukan jawaban soal non rutin tentang aljabar menggunakan pendekatan pemecahan masalah yang memperhatikan makna dari objek matematika. OSA memiliki langkah-langkah menyelesaikan masalah yang meliputi: (a) Mengidentifikasi masalah dan rencana penyelesaian yang dapat dilakukan, (b) Mendeskripsikan penyelesaian secara matematik, (c) Mendeskripsikan kesimpulan akhir penyelesaian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara rinci proses menyelesaikan masalah aljabar menggunakan OSA siswa bergaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang diambil dari siswa kelas VIII-A di MTs Negeri 1 Sidoarjo pada semester Genap tahun ajaran 2017/2018 yang telah diberikan Group Embedded FiguresTest (GEFT) untuk membedakan siswa bergaya kognitif FI dan FD. Pengumpulan data dengan tugas tertulis dan wawancara. Tugas tertulis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator proses menyelesaikan masalah aljabar menggunakan OSA. Objek matematika dalam OSA untuk menyelesaikan masalah menurut Juan D. Godino dan tahapan proses menyelesaikan masalah berdasarkan Vicenc Font. Berdasarkan tujuan penelitian, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah deskripsi proses menyelesaikan masalah aljabar siswa bergaya kognitif field independent dan field dependent pada setiap objek matematika yang meliputi bahasa, konsep, prosedur, komputasi, proposisi, dan argumen yang terdapat di setiap tahapan menyelesaikan masalah. Selain itu, diperoleh juga perbedaan dan persamaan proses menyelesaikan masalah aljabar menggunakan OSA siswa bergaya kognitif field independent dan field dependent.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Muhammad Faizul Humamim.faizul.12d@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Onto Semiotic Approach (OSA); Group Embedded FiguresTest (GEFT); gaya kognitif field independent; field dependent
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ula Muhammad Faizul Humami
Date Deposited: 21 Nov 2018 08:46
Last Modified: 21 Nov 2018 08:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28742

Actions (login required)

View Item View Item