Peningkatan keterampilan berhitung mata pelajaran Matematika materi pembagian bilangan tiga angka menggunakan media dakon pada siswa kelas 3 di SDI Sabilil Falah Sukodono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Renny Lutfia (2018) Peningkatan keterampilan berhitung mata pelajaran Matematika materi pembagian bilangan tiga angka menggunakan media dakon pada siswa kelas 3 di SDI Sabilil Falah Sukodono. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Renny Lutfia Sari_D97214119.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya Keterampilan berhitung siswa mata pelajaran matematika di SDI Sabilil Falah Sukodono Sidoarjo. Proses pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa pasif di kelas. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan keterampilan berhitung. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapan menggunakan media Dakon dalam pelaksanaan Pembelajaran Matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui penerapan media permainan Dakon pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas III di SDI Sabilil Falah Sukodono Sidoarjo. 2) Mengetahui peningkatanketerampilan berhitung mata pelajaran Matematika pada siswa kelas III di SDI Sabilil Falah Sukodono Sidoarjo setelah menggunakan media permainan Dakon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Kurt Lewin yang tiap siklus terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes tulis dan doumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media permainan Dakon berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktivitas guru siklus I mendapat 95,9 (sangat baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 97,22(sangat baik). Sedangkan nilai akhir aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 93,05 (sangat baik) menjadi 95,83 (sangat baik) pada siklus II. 2) Peningkatan keterampilan berhitung juga dapat dibuktikan dengan nilai keterampilan berhitung pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh persentasi keberhasilan kelas 28% dan rata-rata 65,2 (cukup). Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase keberhasilan kelas 84% dan nilai rata-rata 95,83 (sangat baik) dan telah memenuhi indikator kinerja yang di tetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Renny Lutfiamaulanaalvi06@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Keterampilan berhitung; Matematika; media permainan dakon
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sari Renny Lutfia
Date Deposited: 23 Nov 2018 07:36
Last Modified: 23 Nov 2018 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28744

Actions (login required)

View Item View Item