Studi keagamaan bagi PSK Perempuan di Desa Pancur Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafa'atin, Anni (2018) Studi keagamaan bagi PSK Perempuan di Desa Pancur Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anni Syafa’atin_E02214002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga persoalan, yaitu: Pertama, bagaimana makna agama bagi pekerja seks komersial yang berada di desa pancur bojonegoro. Kedua, bagaimana praktek penerapan atau pengamalan agama bagi pekerja seks komersial di desa pancur bojonegoro. Ketiga, bagaimana pandangan keluarga terhadap Pekerja seks komersial di Desa Pancur Bojonegoro. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif yaitu dengan menggambarkan atau melukiskan suatu kenyataan sesuai yang dialami oleh Pekerja seks komersial di Desa Pancur Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi agama, pengolahan datanya secara kualitatif dan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Hal tersebut berdasarkan pada alasan, bahwa peneliti diarahkan untuk melihat, mengamati, dan menyelidiki fakta-fakta yang terjadi, setelah penyusun melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data disini adalah salah satu pekerja seks komersial yang aktif bekerja di tempat lokalisasi Desa Pancur Bojonegoro, Bapak Kepala Desa Pancur, Ibu Bidan dan sebagian Masyarakat Desa Pancur Bojonegoro. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, Pekerja seks komersial cenderung lebih memprioritaskan dunia dibandingkan akhirat. Kedua, Pekerja seks komersial selalu sadar bahwa apa yang mereka lakukan itu adalah suatu hal yang salah. Oleh karenanya, mereka selalu rutin memberikan sumbangan atau sedekahnya kepada majlis-majlis keagamaan atau yayasan-yayasan pendidikan. Ketiga, karena keterbatasan biaya keluarga membebaskan mereka melakukan pekerjaan tersebut. Secara umum bahwa, pemahaman dan pengamalan keagamaan agama bagi pekerja seks komersial ialah hanya dapat dipahami secara normatif, tetapi tidak mampu melaksanakan pengamalan tersebut sebagaimana ajaran agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafa'atin, Anniannisyafaatin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Pengamalan Keagamaan; Pekerja seks komersial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Syafa'atin Anni
Date Deposited: 23 Nov 2018 09:03
Last Modified: 23 Nov 2018 09:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28746

Actions (login required)

View Item View Item