Analisis semiotic pesan dakwah dalam rubrik humaniora di harian Kompas pada tanggal 07 bulan November 2008

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halim, Abdul (2009) Analisis semiotic pesan dakwah dalam rubrik humaniora di harian Kompas pada tanggal 07 bulan November 2008. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Halim_B01205024.pdf

Download (610kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28766

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana isi pesan dakwah pada rubric humaniora jum'at di koran Kompas jika di analisis semiotic.(2) Apa makna simbol-simbol yang ada dalam rubric humaniora jum'at di koran Kompas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui. Isi pesan dakwah pada rubrik humaniora jum'at di koran Kompas jika dianalsis dengan semiotic dan makna simbol-simbol yang ada di rubrik humaniora jum'at di koran Kompas. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data tentang pondok pesantren terpadu Darul Muttaqein yang berada di dalam rubric humaniora. kemudian data tersebut di analisis secara kritis dengan Dasar pemikiran Charles Sanders Peirce, sehingga diperoleh informasi yang mendalam tentang makna sebuah berita dan pesan dakwah. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) pesan dakwah yang ada di dalamnya adalah pesan dakwah tentang syari'ah, keimanan dan ahlak.(2) makna simbol yang ada dalam rubrik humaniora jum' at di koran kompas menunjukkan makna Qualisign, Sinsign, Legisign, Rheme, Dicent sign, Argument.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halim, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Analisis semiotic; pesan dakwah; rubric humaniora; koran Kompas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2018 03:18
Last Modified: 22 Nov 2018 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28766

Actions (login required)

View Item View Item