Fatimah Binti Muhammad: figur seorang istri, ibu dan pejuang tauladan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisyura, Siti (1997) Fatimah Binti Muhammad: figur seorang istri, ibu dan pejuang tauladan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Maisyura_089200103.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28812

Abstract

Fatimah binti Muhammad merupakan panutan yang ideal bagi wanita Islam, kehidupan pribadinya mencerminkan keluhuran pendidikan Islam, sebab ia hidup di bawah naungan manusia terbaik yakni Muhammad Saw. Benarlah kalau seluruh kehidupan Fatimah dapat dijadikan cermin perbandingan khususnya bagi wanita muslimah. Barangkali pribadi Fatimah boleh dikatakan contoh ideal tentang sosok seorang muslimah sejati. Masalah yang diangkat dalam pembahasan ini adalah bagaimana biografi Fatimah binti Muhamad? Bagaimana situasi dan kondisi masyarakat Arab di saat Fatimah binti Muhammad hidup? Bagaimana proses pernikahan Fatimah binti Muhammad dan rumah tangganya dengan Ali binti Abi Thalib? Bagaimana peran Fatimah binti Muhammad sebagai seorang istri, ibu dan pejuang. Dalam penulisan skripsi ini, metode yang digunakan adalah metode historic (sejarah), kritik data, interpretasi, dan historiografi. Yang pada akhir pembahasan menyimpulkan diantaranya bahwa Fatimah adalah putri keempat Rasulullah dan sekaligus merupakan putri bungsunya. Fatimah adalah putri kesayangan Rasulullah, karena ialah putri Nabi Saw. yang paling mirip dengan beliau. Fatimahlah yang banyak membantu perjuangan Rasul, terutama setelah patner dakwah rasul dan yang banyak meringankan beban perjuangannya, sehingga Fatimah mendapat gelar Ummu Abiha. Fatimah binti Rasulullah kemudian menikah dengan Ali, seorang pejuang Islam sejati putra Abu Thalib, paman Rasul Saw. yang juga telah banyak membantu perjuangan beliau. Pernikahan Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib dikaruniai empat orang putra yakni Hasan, Husein, Zainab dan Ummu Kultsum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisyura, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Wanita dalam Islam
Keywords: Fatimah Binti Muhammad; figur wanita; suri tauladan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2018 03:19
Last Modified: 27 Nov 2018 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28812

Actions (login required)

View Item View Item