Pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan pendapatan pada PT TAB Hotel Indonesia di Surabaya Tahun 2017 dalam perspektif SAK ETAP Bab 20

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Misbahuddin Bariq (2018) Pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan pendapatan pada PT TAB Hotel Indonesia di Surabaya Tahun 2017 dalam perspektif SAK ETAP Bab 20. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Misbahuddin Bariq Ali_G02214005.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan pendapatan dalam perspektif SAK ETAP pada PT TAB Hotel Indonesia dan kendala bagi PT TAB Hotel Indonesia Menerapkan SAK ETAP. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif, sehingga memperoleh gambaran mengenai objek secara faktual, akurat, dan sistematis. Hasil penelitian ini adalah pengakuan pendapatan dalam PT TAB Hotel Indonesia, uang yang masuk pada hari itu disebut sebagai pendapatan, pengukuran pendapatan berdasarkan pembayaran yang diterima, penyajian pendapatan hanya membuat Laporan Laba Rugi tiap bulan, neraca tiap tahun dan laporan arus kas belum ada, sedangkan pengungkapan pendapatan belum ada CALK (Catatan Atas Laporan Keuangan). Kendala yang dialami PT TAB Hotel Indonesia adalah SDM yang belum memadai, bagian keuangan bisa merangkap pekerjaan operasional lain dan buku serah terima masih ada satu. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan PT TAB Hotel Indonesia untuk pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan sesuai SAK ETAP bab 20, selain itu dalam perekrutan karyawan perlu dipertimbangkan aspek kompetensi di bidang akuntansi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Misbahuddin Bariqmisbakdin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Keuangan
Keywords: Pendapatan; SAK ETAP; Hotel
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Ali Misbahuddin Bariq
Date Deposited: 27 Nov 2018 07:03
Last Modified: 27 Nov 2018 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28818

Actions (login required)

View Item View Item