Pesan dakwah melalui film: analisis wacana film Do'a Yang Mengancam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Imam (2009) Pesan dakwah melalui film: analisis wacana film Do'a Yang Mengancam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Imam Fauzi_B01304064.pdf

Download (929kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28823

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : (I) Bagaimana pesan dakwah dalam Film ''Do'a Yang Mengancam". Adapun tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah Ingin mengetahui pesan dakwah yang ada dalam film "Do'a Yang Mengancam" berdasarkan teori analisis wacana model Teun A Van Dijk. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, maka peneliti menggunakan metode dokumentasi dan observasi dengan alasan bahwa penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif analisis wacana model Teun A Van Dijk yang bersifat non kancah. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Pesan Dakwah dalam film "Do'a Yang Mengancam" yang berhubungan dengan akhlaq, syari'ah, dan aqidah. (2) Dari struktur tematik film ini mengandung ajakan kepada manusia untuk selalu menerima dengan rasa tawakal atas apa yang telah digariskan Tuhan kepada kita, dan kemudian, kita sebagai manusia di harapkan untuk tidak melakukan ataupun mengikµti atas apa yang tidak kita ketahui dan atas apa yang kita tidak punya pengetahuan tentangnya. Dari Struktur Skematik terhadap hal yang berkesinambungan antara judul dengan isi film "Do'a Yang Mengancam". Dari Struktur Semantik terdapat hubungan antara kalimat yang dapat membentuk makna-makna tertentu dalam film "Do'a Yang Mengancam". Dari Struktur Sintaksis terdapat beberapa rangkaian kata-kata yang saling bersentuhan ataupun saling berhubungan. Dari Struktur Stilistik dapat memunculkan frase atau stile atau gaya bahasa yang digunakan oleh Aming dan perawat rumah sakit yang di jadikan tanda kebahagiaan. Struktur Retoris terdapat elemen gratis yang di tunjukkan pada performence beserta latar belakang lokasi shoting.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Film; pesan dakwah; analisis wacana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2018 07:37
Last Modified: 28 Nov 2018 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28823

Actions (login required)

View Item View Item