Pendekatan komunikasi antarbudaya dalam penanganan kasus perceraian di Pengadilan Agama Sampang Madura: studi kasus para hakim Pengadilan Agama beretnis non Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Silmi, Sabrina (2010) Pendekatan komunikasi antarbudaya dalam penanganan kasus perceraian di Pengadilan Agama Sampang Madura: studi kasus para hakim Pengadilan Agama beretnis non Madura. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabrina Silmi_B06206066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang pemilihan judul pada penelitian ini adalah karena adanya perbedaan budaya yang terdapat di pengadilan agama Sampang yang menjadikan adanya problematika bahasa yang mereka gunakan serta perbedaan karakter antara para hakim di sana dan pemohon maupun termohon yang sedang menyelesaikan masalah. Ada dua persoalan yang dikajikan dalam skripsi ini, yaitu: (1) bagaimana proses komunikasi antarbudaya yang terjadi di pengadilan agama sampang (2) Bagaimana pendekatan komunikasi antarbudaya yang digunakan para hakim dalam penanganan kasus perceraian di penggadilan agama Sampang. Untuk mengetahui beberapa hal tersebut, peneliti mengunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan dataobservasi dan wawancara serta analisis data yang dihubungkan dengan teori hubungan dealektika. Dari penelitian ini didapatkan bahwa, (1) di pengadilan agama Sampang terjadi proses komunikasi antarbudaya sebab di dalam instansi tersebut terdapat kebudayaan yang berbeda antara masyarakat Madura yang sedang menyelesaikan perkara perceraian mereka dengan para hakim yang berasal dari Jawa, sehingga terjadi perbedaan bahasa diantara mereka yang kadang menimbulkan ketidak fahaman antara kedua belah pihak selain itu terdapat pula perbedaan karakter diantara mereka sehingga memberi wama terhadap proses komunikasi yang berlangsung. (2) pendekatan dialektika menjadi cara mempemudah terjalinnya komunikasi antarbudaya yang terjadi disana meskipun tidak terjadi diskriminasi maupun jarak sosial tetapi terlihat dengan adanya hambatan bahasa, model komunikasi antarbudaya juga terjadi sehingga muncul setrategi yang akomodatif untuk keefektifan proses komunikasi yang dilanjutkan dengan model komunikasi interaksional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Silmi, SabrinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Permasalahan; Komunikasi antarbudaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2018 08:12
Last Modified: 28 Nov 2018 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28826

Actions (login required)

View Item View Item