Pola komunikasi politik Partai Demokrat dalam pemenangan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Rembang Tahun 2010

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamzah, Imron (2010) Pola komunikasi politik Partai Demokrat dalam pemenangan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Rembang Tahun 2010. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Imron Hamzah_B06304066.pdf

Download (618kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28827

Abstract

Partai Demokrat adalah partai pemenang pada Pemilu legislatif 2009 hampir disemua daerah termasuk di kabupaten Rembang. Pada 26 April 2010 kabupaten Rembang kembali menggelar khajatan Pilkada. Untuk itu, sebagai kendaraan, Partai Demokrat kembali dituntut untuk lebih siap dalam merumuskan pola dan strategi komunikasi. Akankah kebijakan partai Demokrat dalam pemenangan pemi1ihan kepala daerah sama pada pemilu-pemilu sebelumnya? Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Proses Komunikasi Politik Partai Demokrat dalam Pemenangan Pemi1ihan Kepada Daerah di Kabupaten Rembang, (2) Bagaimana Pola Komunikasi Politik Partai Demokrat dalam Pemenangan Pemilihan Kepada Daerah di Kabupaten Rembang. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data, sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif yang dimaksudkan untuk memaparkan atau menggambarkan proses dan pola komunikasi Politik Partai Demokrat dalam Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Rembang dengan menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Hasil akhir penelitin ini berdasarkan dari rumusan masalah di atas dapat disimpulbn bahwa: (1) Proses komunikasi politik Partai Demokrat dalam pemenangan Pilkada di kabupaten Rembang tahun 2010 menggembarkan bahwa proses penyampaian pesan dari komunikator kepala komunikan dilakukan dengan mengkampanyekan visi, misi dan program 4 pilar secara face to face kepada komunikan. Dengan tujuan komunikasi politik meliputi penyampaian informasi yang membujuk orang lain agar mengikuti pandangan komunikator. (2) Pola komunikasi yang terdapat dalam komunikasi politik Partai Demokrat dalam pemenangan Pilkada di Rembang tahun 2010 adalah pola komunikasi linear, sekunder, dan sirkular. Pola komunikasi terdapat unsur-unsur komunikasi yang terdiri dari komunikan, pesan, khalayak, media dan efek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamzah, ImronUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Kepala Daerah
Partai Politik
Keywords: Komunikasi politik; Partai Demokrat; pemilihan kepala daerah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2018 08:11
Last Modified: 28 Nov 2018 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28827

Actions (login required)

View Item View Item