Persepsi santri tentang kredibilitas kyai di Pondok Pesantren Manba'ul Hikam Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Munhidlatul (2010) Persepsi santri tentang kredibilitas kyai di Pondok Pesantren Manba'ul Hikam Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Munhidlatul Ummah_B06206015.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28836

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga dan wahana pendidikan Islam yang mengandung makna religius yang telah ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mentransfer ilmu-ilmu agama, memelihara tradisi keislaman dan mentransmisikan Islam. Proses belajar mengajarnya dilakukan melalui metode dan literature tradisional, baik berupa pendidikan formal di madrasah dengan jenjang bertingkat, maupun pembelajaran dengan metode sorogan dan bandongan. Tata nilai yang di anut dalam Pondok Pesantren Tradisional yaitu konsep Ahlussunnah Wal Jama'ah. Peneliti ingin meneliti tentang persepsi santri di Pondok Pesantren Manba'ul Hikam ini, karena setiap individu mempunyai persepsi dan pandangan yang berbeda-beda begitu juga dengan santri Manba'ul Hikam yang mempersepsi tentang kredibilitas KH. M. Khozin Mansur, dan Pondok Pesantren Manba'ul Hikam ini merupakan salah satu Pondok Pesantren terpercaya di Sidoarjo yang masih mempertahankan system pembelajaran Majlis Ta'lim yang merupakan cikal bakal Pondok Pesantren Manba'ul Hikam dengan kajian Kitab Kuning sebagai ciri khas Salafiyah Pondok Pesantren sehingga santri selalu mentaati dan menghonnati kyainya. Adapun yang ingin dikaji dalam skripsi ini adalah : bagaimana persepsi santri tentang kredibilitas KH. M. Khozin Mansur dipondok pesantren Manba'ul Hikam? Untuk menjawab pertanyaan diatas secara detail, peneliti menggunakan pendekatan penelitian dengan metode kualitatif deskriptif . Metode ini akan menjelaskan serta mencari data tentang Kredibilitas KH. M. Khozin Mansur di Pondok Pesantren Manba'ul Hikam Tanggulangin Sidoarjo. Untuk mengetahui persepsi dari masing-asing individu santri. Dari penelitian dilapangan ditemukan adanya berbagai persepsi yang dilontarkan oleh santri tentang kredibilitas kyai diantaranya: KH. M. Khozin Mansur merupakan orang yang Istiqomah dalam melakukan ibadah, Menguasai ilmu-ilmu unggulan yang ada di Ponpes Manba'ul Hikam seperti Ilmu Falak (Ilmu Perbintangan), Hisab, Faro'id (Ilmu Mawaris), Nahwu­ Shorof, Manthiq (Logika), Balaghoh (Bahasa) dan Tenang dalam segala hal, setiap permasalahan yang terjadi di ponpes selalu diselesaikan dengan tenang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, MunhidlatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Kepemimpinan
Santri
Keywords: Santri; kredibilitas kyai; pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2018 08:47
Last Modified: 29 Nov 2018 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28836

Actions (login required)

View Item View Item