Humor sebagai teknik dakwah: study content analisys ceramah Kyai Kera Sakti dalam kaset VCD No.282NCD/2007

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Assidiqi, M. Tamhid (2009) Humor sebagai teknik dakwah: study content analisys ceramah Kyai Kera Sakti dalam kaset VCD No.282NCD/2007. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Tamhid Assidiqi_B01206021.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28843

Abstract

Terdapat satu pokok persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, Bagaimana humor sebagai bahasa ceramah K.H.M.Abdul Mutholib atau yang sering dikenal dengan nama Kiai Kera Saldi. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan penelitian analisis isi kuantitatif yang berguna unruk memberikan fakta dan data mengenai jenis humor, frekuensi humor, serta sub bahasan humor dalam ceramah K.H.M.Abdul Mutholib pada Kaset VCD No.282NCD/2007. Kemudian data tersebut dianalisis dengan kategorisasi humor dan kategorisasi pesan dakwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian analisis isi kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan unit analisis dengan satuan ukurannya adalah humor yang terdapat pada kaset vcd ceramah Kiai Kera Sakti. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi frekuensi, dengan tujuan untuk mengetahui frekuensi dan presentase masing-masing kategori pesan dakwah. Sebelumnya peneliti melakukan uji reliabilitas dan uji validitas, untuk memastikan reliabilitas dan validitas kategori. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 157 humor yang digunakan, terdapat jenis humor Berlesque sebanyak 131 frekuensi, Sedangkan jenis humor belokan mendadak dan exaggeration memiliki jumlah frekuensi yang sama yakni sebanyak 10 frekuensi, jenis humor perilaku aneh para tokoh terdapat 3 frekuensi. Sedangkan jenis humor parodi, pons, dan perilaku orang aneh, memiliki 1 frekuensi. Hal ini menunjukkan bahwa dalam ceramah K.H.M.Abdul Mutholib (Kera Saldi) dalam kaset VCD No.282NCD/2007 kecenderungan humor yang digunakan adalah "Berlesque". artinya K.H.M.Abdul Mutholib sering memperlakukan hal-hal yang seenaknya secara serius atau hal-hal yang serius secara seenaknya. Adapun humor tersebut dikategorisasikan pada kategorisasi pesan dakwah, akhlak terdapat 23 frekuensi humor, syariah sebanyak 10 frekuensi humor, dan akidah sebanyak 5 frekuensi humor. Penelitian ini hanya menganalisis tentang isi ceramah Kiai Kera Sakti dengan pendekatan kuantitatif. Masalah yang terkait dengan respon masyarakat atau penggunaan pendekatan isi kualitatif dalam film ini dapat menjadi rekomendasi untuk penelitian berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Assidiqi, M. TamhidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Materi
Dakwah > Dakwah - Metode
Humor
Keywords: Humor; teknik dakwah; Kiai Kera Sakti
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2018 08:24
Last Modified: 03 Dec 2018 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28843

Actions (login required)

View Item View Item