Tinjauan Islam terhadap upacara adat perkawinan Jawa di Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Wildan Suparno (1995) Tinjauan Islam terhadap upacara adat perkawinan Jawa di Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildan Suparno Hadi_069010010.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28854

Abstract

Sinkretisme saat ini masih dapat dirasakan, khususnya pada masyarakat pedesaan. Hal ini dapat dilihat dengan adanya masih dipraktekannya dalam adat upacara perkawinan. Sebagaimana yang dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo. Masalahyang diangkat dalam pembahasan ini adalah apa yang melatarbelakangi diadakannya upacara adat perkawinan? Bagaimana tingkat pemahaman dan pengamalan masyarakat terhadap ajaran Islam? Untuk menjabarkan pembahasan ini digunakan Metode Observasi, Metode Interview, kuisioner dan dokumenter dengan akhir pembahasan menyimpilkan diantaranya bahwa masyarakat Kecamatan Nguter masih kuat dalam memegang adat-istiadat dalam melaksanakan upacara perkawinan. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: masih adanya keyakinan yang bersifat animistis dan dinamistis. Adanya keinginan untuk mempertahankan nguri-uri terhadap adat yang sudah ada yaitu upacara adat perkawinan. Masyarakat Nguter dalam pemahaman dan pengamalan ajaran Islam dapat dikategorikan cukup. Bahwa antara pelaksanaan upacara adat perkawinan di kecamatan Nguter dengan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam terdapat hubungan yang cukup berarti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, Wildan Suparno--UNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Nikah
Adat
Keywords: Upacara adat; adat perkawinan; adat Jawa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Arsip Ushuluddin
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2018 03:56
Last Modified: 05 Dec 2018 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28854

Actions (login required)

View Item View Item