Ahlussunnah Wal Jamaah dalam pandangan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilyas, Afroni (1995) Ahlussunnah Wal Jamaah dalam pandangan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afroni Ilyas_069010120.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28857

Abstract

Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama adalah dua organisasi kemasyarakatan Islam yang sekaligus sebagai Jam'iyah Diniyah terbesar di Indonesia. Kedua-duanya sama-sama mengidentifikasikan dirinya sebagai kelompok Ahlussunnah Wal Jamaah, meskipun dalam bahasa yang agak berbeda. Pokok-pokok permasalahan yang menjadi fokus tahapan skipsi ini, antara lain: Bagaimanakah pandangan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama tentang metode pemahaman agama Islam dan bagaimanakah pandangan keduanya tentang profil Ahlussunnah Wal Jamaah. Apa saja perbedaan dan persamaan yang ada antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama dalam masalah-masalah di atas. Untuk dapat mengadakan penelitian tentang Ahlussunnah Wal Jamaah dan kaitannya dengan perbedaan faham agamanya dalam Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, diperlukan bantuan dari pelbagai tulisan yang terhubungan dengan masalah tersetut, sejauh ini masih langka tulisan yang berhubungan dengan judul penelitian skripsi ini, namun telah penulis lakukan penelitian pustaka sebagai rujukan utama antara lain: Beberapa tulisan tentang Ahlussunnah Wal Jamaah dan terjadinya perpecahaan umat Islam. Beberapa tulisan tentang Muhammadiyah terutama dalam bidang pemikiran keagamaannya dengan Ahlussunnah Wal Jamaah. Beberapa tulisan tentang Nahdlatul Ulama dan pandangannya tentang Ahlussunnah Wal Jamaah dan pemikiran keagamaannya. Di akhir pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan diantaranya bahwa baik Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama sama-sama memandang, bahwa istilah Ahlussunnah Wal Jamaah ada kaitannya dengan sabda Nabi Muhammad Saw tentang iftiraqul Ummah (perpecahan umat) dimana makna yang terkandung dalam istilah itu adalah orang atau kelompok umat Islam yang senantiasa mengikuti dengan berusaha secara maksimal untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam secara murni dan konsekwen sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah Rasul dan Sunnah shabatatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilyas, Afroni--UNSPECIFIED
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Organisasi Masyarakat
Keywords: Ahlussunnah Wal Jamaah; Muhammadiyah; Nahdlatul Ulama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Arsip Ushuluddin
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2018 03:56
Last Modified: 06 Dec 2018 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28857

Actions (login required)

View Item View Item