Pengaruh metode Beyond Centres and Circles Time (BCCT) terhadap perkembangan anak usia dini di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminulloh, Wasis (2009) Pengaruh metode Beyond Centres and Circles Time (BCCT) terhadap perkembangan anak usia dini di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wasis Amanulloh_D11304095.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28884

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Pengaruh Metode Beyond Centres And Circles Time Terhadap Perkembangan Anak Di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Waru Sidoarjo ini dengan tujuan untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran Beyond Centers and Circles Time (BCCT) di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo? Bagaimana perkembangan anak usia dini di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo?Apakah metode pembelajaran Beyond Centers and Circles Time (BCCT) berpengaruh terhadap perkembangan anak usia dini di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo?Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang diambil dari sebagian jumlah orang tua anak didik Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik yaitu rumus persentase, median dan rumus Produk Moment agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan metode Pembelajaran Beyond Centres and Circles Time di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 76%-100% yang tepatnya yaitu 91,3%. Dan peningkatan perkembangan anak usia dini di Play Group Plus Al­ Afkar Bungurasih Sidoarjo setelah diterapkan metode Beyond Centres and Circles Time mengalami perkembangan yang optimal, hal ini berdasarkan hasil perhitungan prosentase pada peritem pertanyaan nilai yang diperoleh antara 76%-100% tepatnya yaitu sebesar 90,6 %. Sedangkan dalam pengaruh pengaruh metode Pembelajaran Beyond Centres and Circles Time (BCCT) terhadap perkembangan Anak Usia Dini di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo mempunyai implikasi (dampak/pengaruh) yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam katagori agak rendah. Hal ini, berdasarkan dari hasil penghitungan product moment, hasil yang di peroleh adalah 0,524 dan pada tabel interpretasi barada pada nilai r = 0,400 - 0,600 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat pengaruh agak rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminulloh, WasisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: metode Beyond Centres and Circles Time (BCCT); anak usia dini; Play Group
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2018 04:33
Last Modified: 17 Dec 2018 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28884

Actions (login required)

View Item View Item