Tarekat Siddiqiyyah di Desa Wage Taman Sidoarjo (1985-2008): studi tentang sejarah dan ajaran Tarekat Siddiqiyyah di Desa Wage Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sudarmanto, Totok (2009) Tarekat Siddiqiyyah di Desa Wage Taman Sidoarjo (1985-2008): studi tentang sejarah dan ajaran Tarekat Siddiqiyyah di Desa Wage Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Totok Sudarmanto_A02304003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam skripsi yang berjudul Tarekat Siddiqiyyah ini, penulis berusaha untuk mengupas beberapa pennasalahan yang berkaitan dengan tarekat tersebut. Berawal dari pengenalan mengenai tasawuf dan tarekat, yang kemudian penjelasan tentang korelasi antara keduanya, awal mula kedatangan dan perkembangan tarekat Siddiqiyyah ajaran-ajarannya, khususnya di wilayah Desa Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Sehubungan dengan hal itu, maka dalam penelitian skripsi ini, metode deskriptif naratif menjadi pilihan utama penulis untuk menguraikan tarekat Siddiqiyyah, dari awal kedatangannya, proses perkembangan serta ajaran-ajaran yang disampaikannya. Adapun pendekatan sosio-re1igi menjadi acuan utama dalam rangka memperoleh data-data yang lebih kongkret dan valid dem i menghasilkan penelitian yang ilmiah dan akuntabel. Tarekat Siddiqiyyah yang berpusat di Jombang telah berkembang pesat hingga seantero Nusantara, begitu pun ajaran-ajarannya sudah banyak dikenal masyarakat luas. Salah satunya daerah yang menjadi wilayah penyebarannya adalah Desa Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Di daerah inilah tarekat Siddiqiyyah sudah begitu dikenal masyarakat. Apalagi, dengan berdirinya bangunan Jamiatul Mudzakkiriin semakin menjadi simbol identitas tarekat tersebut di sana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sudarmanto, TotokUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Tarekat Siddiqiyyah; Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2018 01:40
Last Modified: 20 Dec 2018 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28896

Actions (login required)

View Item View Item