Tinjauan hukum Islam terhadap peleksanaan pemilihan kepala desa di Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inayah, Nur (1995) Tinjauan hukum Islam terhadap peleksanaan pemilihan kepala desa di Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Inayah_019000101.pdf

Download (14MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28899

Abstract

Seorang pemimpin haruslah merupakan pilihan umat berdasarkan kemampuan dan ilmu pengetahuan serta kharisma yang dimiliki bukan karena minta untuk dipilih. Namun dalam prakteknya sebelum pelaksanaan pemilihan, calon kepala desa ini membagi-bagikan sejumlah uang kepada warga dengan harapan agar mereka memilihnya. Bagaimana Islam menyikapi hal ini, maka diadakan riset. Teknik penggalian datanya menggunakan metode observasi dan interview. Sedangkan metode analisa datanya dianalisis secara kualitatif dengan tahapan editing, pengorganisasian data dan analisa deskriptif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah; 1. Pelaksanaan pemilihan kepala desa di Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 6 tahun 1981 tentang Tata cara pemilihan, pengesahan, pengangkatan, pemberhentian sementara dan pemberhentian kepala desa. Yang dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 17 tahun 1988 tentang tatacara pemilihan, pengesahan, pengangkatan, pemberhentian sementara dan pemberhentian kepala desa. 2. Pelaksanaan pemilihan kepala desa yang terjadi di Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang yang didasarkan pada Peraturan Perundang-Undangan tersebut tidak bertentangan dengan hukum Islam, karena sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam. Dengan demikian, pelaksanaan pemilihan Kepala Desa tersebut diperbolehkan menurut hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inayah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Kepala Desa
Keywords: Hukum Islam; pemilihan kepala desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:02
Last Modified: 20 Dec 2018 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28899

Actions (login required)

View Item View Item