Studi analisa terhadap penafsiran ayat-ayat Al Quran tentang Kiblat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yasin, Yasin (1991) Studi analisa terhadap penafsiran ayat-ayat Al Quran tentang Kiblat. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yasin_018612884.pdf

Download (14MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28916

Abstract

Berdasarka penelitian sementara, ternyata cara menghadap kiblat dalam mengerjakan salat, masih ada perselisihan diantara para Ulama, yai tu apakah harus menghadap langsung ke tubuh Ka'bah atau dipandang cukup menghadap ke arahnya saja. Hal ini ada yang berpendapat sekaligus merupakan jawaban dari persoalan tersebut, yaitu bagi orang-orang yang dapat menyaksikaru Ka’bah, wajib menghadap ke Ka'bah itu sendiri, sedang bagi orang-orang yang tidak dapat menyaksikan Ka'bah, maka wajib menghadap ke arahnya saja. Hal itu kerena Allah tidak membebani diri kepada hamba-Na kecuali sekedar kemampuannya. Jadi apa bila seseorang tidak dapat menghadap ke Ka'bah secara langsung maka kewajiban mereka hanya menghadap ke arahnya saja. Masalah yang diangkat dalam pembahasan ini adalah berapa jumlah ayat-ayat Al-Qur'an tentang perintah menghadap kiblat secara keseluruhan? Berapa jumlah ayat-ayat Al-Qur'an tentang perintah menghadap kiblat yang diturunkan di Makkah dan Madinah? Bagaimana cara menghadap kiblat dalam mengerjakan salat, apakah harus menghadap secara langsung ke tubuh Ka'bah, atau dipandang cuknp menghadap ke arahnya saja? Bagaimana cara mengerjakan salat di daerah kutub dan di angkasa luar? Apakah hikmah disyari' atkannya salat menghadap ke Kiblat? Melalui metode induktif, deskriptif dan komperatif pada akhir pembahasan telah menyimpulkan diantaranya bahwa Jumlah ayat-ayat A-Qur'an yang membicarakan tentang perintah menghadap ke kiblat dalam melakukan salat, secara kesluruhan berjumlah delapan ayat. Cara mengerjakan salat, apabila dapat melihat dzat Ka’bah secara langsung, wajib menghadap ke tubuh Ka'bah itu (ainul Ka'bah). Sedang bagi orang-orang yang tidak dapat melihat Ka'bah secara langsung, hanya berkwajiban menghadap ke arahnya saja (jihatul Ka'bah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yasin, Yasin--UNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Penafsiran ayat; ayat Al Quran; Kiblat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2018 06:17
Last Modified: 21 Dec 2018 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28916

Actions (login required)

View Item View Item