Nilai hadis-hadis tentang keutamaan tartil qira’atil Qur’an dalam Sunan Abu Dawud

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Khusnul (1989) Nilai hadis-hadis tentang keutamaan tartil qira’atil Qur’an dalam Sunan Abu Dawud. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Hidayat_2733.pdf

Download (19MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28920

Abstract

Dalam menjaga dan mempertahankan kemurnian hadis adalah dengan jalan menghafal, mengajarkan, menghimpun dalam suatu kitab disamping meneliti dan menyingkirkan matan-matan palsu yang sengaja disusupkan guna mengkaburkan nilai-nilai hadis itu sendiri. Ada enam kitam yang sangat terkenal yakni Kitabus Sittah, ternyata tidak semua hadis-hadis di dalamnya bernilai sahih, kecuali hadis yang terdapat dalam sahih Bukhari dan sahih Muslim. Dalam pembukuan Sunan Abu Dawud, diantaranya perlu dikaji dan memerlukan sikap hati-hati agar jangan terjerumus dalam hadis-hadis do’if apalagi palsu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1. Bagaimana nilai sanad hadis-hadis tentang keutamaan tartil qira’ah di dalam kitab Sunan Abu Dawud. 2. Bagaimana nilai matannya hadis-hadis tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian Library Research, sedangkan untuk menganalisa data yang terkumpul diperlukan metode induksi, metode deduksi dan metode komparasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; hadis-hadis tentang keutamaan tartil qira’atil Qur’an yang berjumlah sepuluh buah itu, setelah diadakan penelitian baik dari segi sanad maupun matan dapatlah disimpulkan sebagai berikut; 1. Dari segi sanad, ada dua hadis yang status nilainya da’if yaitu pada hadis ke VI yakni persambungan sanadnya mungqati, dan pada hadis ke X, rawinya ada yang tertuduh berdusta. 2. Dari segi matan, semuanya bernilai sahih, bahkan kedua hadis yang da’if itu nilainya terangkat menjadi hasan lighairihi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, KhusnulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Hadis
Ulama
Keywords: Hadis; keutamaan tartil Qur’an; Sunan Abu Dawud
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2018 07:15
Last Modified: 21 Dec 2018 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28920

Actions (login required)

View Item View Item