Ajaran Ushulul Khamsah Aliran Mu’tazilah: tinjauan keadilan Tuhan menurut Al Nazham

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatihah, Nurul (1997) Ajaran Ushulul Khamsah Aliran Mu’tazilah: tinjauan keadilan Tuhan menurut Al Nazham. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fatihah_059210217.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28924

Abstract

Salah satu dari beberapa tokoh Mu’tazilah yang berbicara tentang keadilan Tuhan adalah Al Nazham, yaitu tokoh yang terkemuka dalam Mu'tazilah, lancar berbicara dan cerdas serta sangat bebas dalam berpikir. Mu'tazilah adalah aliran ilmu kalam yang memberikan porsi yang lebih dalam pembahasan-pembahasannya dan cenderung kepada rasionalisme serta bersifat spekulatif filosofis. Maslah yang diangkat dalam pembahasan ini adalah bagaimana sejarah timbul dan berkembangnya Mu'tazilah. Bagaimana prinsip aliran Mu'tazilah tentang ajaran usulal khamsah, bagaimana keadilan Tuhan menurut Al Nazham. Penelitian ini merupakan jenis library research maka pembahasannya menggunakan metode interpretasi, deskriptif dan analisa reflektif yang pada akhirnya memperoleh suatu keimpulan diantaranya bahwa aliran Mu'tazilah muncul sebagai tokoh-tokoh muslim yang membela aqidah Islam dari pengaruh-pengaruh dari luar dan dari dalam kalangan Islam sendiri. Walaupun pada awalnya gerakan Mu’tazilah merupakan gerakan keagamaan belaka, timbulnya dipelopori oleh orang-orang shaleh yang merasa terpanggil untuk meluruskan keesaan dan keadilan Tuhan yang telah tercemar dan rusak. Tetapi pada perkembangan selanjutnya aliran Mu’tazilah terlena dan berpetualang dalam dunia pemikiran spekulatif metafisika. Dengan metode yang rasionalis, Mu'tazilah mengajukan ajaran-ajarannya yang dikenal Ushulul Khamsah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatihah, Nurul--UNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Aliran dan Sekte
Aqaid dan Ilmu Kalam
Keywords: Ajaran Ushulul Khamsah; Mu’tazilah; keadilan Tuhan; Al Nazham
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Dec 2018 02:59
Last Modified: 26 Dec 2018 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28924

Actions (login required)

View Item View Item