Tradisi kolak ayam sebagai komunikasi budaya masyarakat: studi kualitatif interaksi komunikasi interpersonal di Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Lailatul (2010) Tradisi kolak ayam sebagai komunikasi budaya masyarakat: studi kualitatif interaksi komunikasi interpersonal di Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Fauziah_B06206065.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28928

Abstract

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal yang terjadi diantara orang-orang yang terlibat dalam perayan kolak ayam di Desa Gumeno Kecamatan Manyar kabupaten Gresik? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi komunikasi interpersonal di antara orang-oarang yang terlibat dalam perayaan kolak ayam di Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Untuk menjawab persoalan di atas, peneliti mengunakan pendekatan fenomenologi karena fenomenologi merupakan studi mengenai bagaimana manusia mengalami kehidupannya di dunia, sedangkan teori yang dipakai adalah teori simbolik yang di mana teori tersebut berusaha memahami perilaku manusia dari sudut pandang subjek yang menekankan bahwa perilaku manusia yang dilihat sebagai suatu proses yang melibatkan individu-individu untuk membentuk perilaku dengan mempertimbangkan ekspektasi orang-orang yang berinteraksi melalui budaya Sehingga memperoleh interaksi interpersonal yang berupa komunikasi verbal dan nonverbal. Dari hasil penelitian ini bahwa tradisi kolak ayam sebagai komunikasi budaya masyarakat menghasilkan interaksi interpersonal di antara orang-orang yang terlibat dalam perayaan yang memunculkan komunikasi verbal dan nonverbal. Interaksi interpersonal yang terdapat pada pendatang dengan masyarakat setempat merupakan komunikasi interpersonal yang efektif dan dinamis. Saran yang dapat diambil dari penelitian ini,di antara masyarakat haruslah saling menghormati, bertoleransi dan saling tolong menolong sesamanya. Dalam studi ilmu komunikasi mengajarkan tentang memahami budaya masyarakat lain, sehingga kita dapat memahami orang yang berbeda budaya dan tidak menimbulkan kesalah pahaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Masyarakat
Adat
Keywords: Tradisi kolak ayam; budaya masyarakat; komunikasi interpersonal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Dec 2018 03:50
Last Modified: 26 Dec 2018 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28928

Actions (login required)

View Item View Item