Study tentang obyek Pariwisata Katak Riang: satu pendekatan sosial budaya dan agama di Desa Pleret Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslikha, Samaniayatul (1996) Study tentang obyek Pariwisata Katak Riang: satu pendekatan sosial budaya dan agama di Desa Pleret Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Samaniyatul Muslikha_069110173.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28961

Abstract

Corak kebudayaan ditentukan oleh kesatuan sosialnya. Dan batas lingkaran kebudayaan sama dengan batas lingkaran sosial. Makin luas batas lingkaran sosial kita ambil, makin sedikit unsur-unsur persamaan kebudayaan dari kesatuan sosial itu. Sebaliknya makin sempit batas itu makin banyak unsur-unsurnya yang sama. Manusia mempunyai naluri kebudayaan yang berasal dari naluri rohani sosial. Naluri sosial ini berasal dari rasa rohani. Pada pembahasan ini rumusan masalah yang diangkat adalah benarkah adanya obyek pariwisata Katak Riang akan membawa pengaruh terhadap nilai-nilai sosial yang berlaku terhadap masyarakat setempat? Apakah dengan adanya obyek pariwisata Katak Riang akan tercipta kondisi masyarakat yang dinamis atau justru sebaliknya? Sejauh mana dampak-dampak positif bisa berpengaruh terhadap penduduk setempat. Dengan menggunakan metode pembahasan induktif, deduktif dan komparatif didapatlah suatu kesimpulan diantaranya bahwa bahwa dengan adanya obyek pariwisata Katak Riang di desa Pleret dapat membawa pengaruh pada kondisi dan situasi sosial penduduk setempat baik dalam nilai-nilai serta norma-norma agama dan masyarakat karena didesa tersebut sebelum adanya obyek pariwisata itu keadaan masyarakatnya tersebut dalam keadaan stabil dan beraktifitas baik dari sisi keagamaan dan nilai-nilai sosial lainnya. Dalam hal ini masyarakat setempat selalu aktif dalam mengikuti kajian rokhani, sebagai pendorong dalam meningkatkan iman kepada Allah SWT. Disamping mayoritas penduduk setempat dikatakan Islamnya kuat, akan tetapi setelah adanya obyek Pariwisata itu situasi yang telah mentradisi berubah secara perlahan yang akhirnya menimbulkan kesenjangan bagi masyarakat Katak Riang untuk melaksanakan / memacu kembali. Sehingga sebagiannya sudah tidak mengikuti kajian kerokhanian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslikha, Samaniayatul--UNSPECIFIED
Subjects: Pariwisata
Keywords: Obyek Pariwisata; Pariwisata Katak Riang: pendekatan sosial budaya dan agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2019 06:49
Last Modified: 03 Jan 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28961

Actions (login required)

View Item View Item