Perbarengan Perbuatan Pidana (Concursus) dalam hukum Islam dan pasal 66 KUHP: studi perbandingan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyaningrum, Setyaningrum (1996) Perbarengan Perbuatan Pidana (Concursus) dalam hukum Islam dan pasal 66 KUHP: studi perbandingan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Setyaningrum_019100234.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28968

Abstract

Dalam hukum Islam ada istilah "At-ta'addadatul jaraim (di dalam hukum positip disebut perbarengan perbuatan pidana) yaitu bermacam-macam perbuatan pidana yang dilakukan oleh seseorang yang masing-masing perbuatan tersebut belum pernah memperoleh keputusan akhir. Perbarengan perbuatan pidana (concursus, at-ta'addadatul-jaraim) tersebut telah diatur baik oleh KUHP maupun hukum Islam yang masing-masing mempunyai persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan. Dalam hal ini masalah yang diangkat adalah bagaimana penerapan sanksi perbarengan pidana menurut KUHP? Bagaimana penerapan sanksi perbarengan pidana menurut hukum Isam? Bagaimana perbandingan antara keduanya? Dengan menggunakan metode induktif, deduktif dan komperatif pembahasan ini menyimpulkan bahwa Penerapan sanksi perbarengan perbuatan pidana menurut pasal 66 ayat 1 KUHP adalah menggunakan sistem penjumlahan (komulasi) terbatas, yakni setiap perbuatan pidana dijatuhi pidana, akan tetapi jumlah semua pidana tersebut tidak boleh melebihi maksimal pidana yang terberat ditambah sepertiganya. Dalam pasal 66 ayat 2 pidana denda dapat dibayar dengan ketentuan seperti yang disebutkan dalam ayat 1, atau dapat diganti dengan pidana kurungan (pengganti denda) apabila terhukum tidak mau /tidak mampu membayarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyaningrum, Setyaningrum--UNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Perbarengan Perbuatan Pidana; Concursus; hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2019 08:15
Last Modified: 03 Jan 2019 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28968

Actions (login required)

View Item View Item