Karakter masyarakat Madura dalam seni tari Soto Madura: kajian analisis semiotik berdasarkan simbol non verbal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudi, Suri (2009) Karakter masyarakat Madura dalam seni tari Soto Madura: kajian analisis semiotik berdasarkan simbol non verbal. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suri Wahyudi_B06304029.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28973

Abstract

Ada dua permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana simbol non verbal karakter masyarakat Madura dalam seni Soto madura? (2) bagaimana makna simbol non verbal dalam tarian Soto Madura? Dalam menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan analisis data paradigma kritis dengan menggunakan studi analisis semiotik atau semiologi Roland Barthes dalam menganalisis data materi makna simbol non verbal dalam tarian Soto Madura. Dan digunakannya teori yang di paparkan oleh Alston yakni: teori acuan, teori ideasi dan teori tingkah laku, untuk mengungkap persoalan tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa karakter masyarakat Madura setiap masyarakat Madura jika bertemu dengan teman atau kerabat selalu berjabat tangan karena dengan hal itu merupakan simbol silaturohmi dan menandakan bahwa masyarakat Madura menjunjung nilai-nilai persahabatan. Dan ketika berjalan beriringan jika menghadiri hajatan pasti sang suami berjalan dibelakang sang istri, hal ini menandakan bahwa suami menjaga kehormatan istri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudi, SuriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Semiotika
Kesenian
Masyarakat
Keywords: Masyarakat Madura; seni; tari Soto Madura; semiotik; simbol non verbal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:48
Last Modified: 04 Jan 2019 01:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28973

Actions (login required)

View Item View Item