Nilai hadis-hadis tentang Isti’azah dalam Sunan Abu Dawud

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mushowwir, Moh. (1990) Nilai hadis-hadis tentang Isti’azah dalam Sunan Abu Dawud. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Mushowwir_018510136.pdf

Download (15MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28979

Abstract

Al-hadis merupakan sumber hukum Islam yang kedua, sebagai pedoman hidup yang utama setelah Al-Qur'an. Hadis merupakan pedoman umat Islam untuk diamalkan dan ditaati sejajar dengan Al-Quran. Hadis berfungsi sebagai penjelasan Al-Qur'an. Sunan Abu Dawud adalah salah satu kitab sunan yang masuk dalam kelompok "Kutubus-sittah" (kitab enam), dipakai sebagai kitab pegangan oleh para ulama dalam menetepkan suatu hukum, baik dibidang Ibadat maupun Mu'amalat. Masalah yang diangkat dalam pembahasan ini adalah bagaimanakah nilai atau kualitas hadis isti’azah dalam Sunan Abu Dawud dari segi sanad dan matannya? Bagaimanakah dalalah (hujjah) hadis-hadis isti’azah dalam Sunan Abu Dawud sebagai pengamalan hukum Islam? Pembahasan ini menggunakan metode deskriptif, induktif, deduktif dan komparatif sehingga mendapati kesimpulan bahwa Sanad hadis-hadis tentang Istiazah dalam Sunan Abu Dawud yang penulis teliti nilainya semua sahih, sebab dilihat dari persambungannya semuanya “muttasil", yakni tiap-tiap rawi dapat saling bertemu dan menerima langsung dari guru yang memberinya. Dari segi kualitasnya semuanya "siqah”. Adapun mengenai matannya semuanya adalah "sahih", sebab tidak bertentangan dengan Al-Qur'an dan hadis-hadis yang lebih kuat (sahih). Dengan demikian, maka nilai hadis-hadis tentang Istiazah dalam Sunan Abu Dawud yang berjumlah tujuh belas tersebut adalah "sahih". Hadis-hadis tentang Istiazah dalam Sunan Abu Dawud semuanya bernilai sahih, sehingga hadisnya dapa di diamalkan dan dijadikan sebagai “hujjah", karena hadis sahih adalah hadis yang diterima (maqbul).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mushowwir, Moh.--UNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hadis
Keywords: Nilai hadis; Isti’azah; Sunan Abu Dawud
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2019 08:12
Last Modified: 04 Jan 2019 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28979

Actions (login required)

View Item View Item