Manajemen perpustakaan dalam mendukung proses belajar mengajar: studi multi kasus di MTs Al Mu’awanah Larangan dan SMP Islam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainuddin AF, Muhammad (2016) Manajemen perpustakaan dalam mendukung proses belajar mengajar: studi multi kasus di MTs Al Mu’awanah Larangan dan SMP Islam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zainuddin AF_F03214029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya dari lingkungan sekolah . Hal ini dikarenakan bahwa perpustakaan sekolah berfungsi sebagai salah satu sarana penunjang kegiatan belajar siswa dalam memacu pencapaian tujuan belajar. Selain itu, pentingnya perpustakaan sekolah juga bisa dilihat dalam UU No 2 1989 yang menyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik apabila tenaga kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar yang bersangkutan, yang mana sumber belajar tersebut salah satunya adalah perpustakaan. Sebenarnya, kondisi semacam ini juga dikaitkan dengan citra profesi pustakawan yang dianggap kurang menarik, yang misalnya para pustakawan dianggap hanya penjaga bukuyang tidak paham akan isi, pasif, menunggu pengunjung yang datang dan tidak dapat mengikuti irama kebutuhan pemakai yang dilayaninya. Hal ini memperlihatkan bahwa kerja seorang pustakawan hanya berkonsentrasi pada pembangunan fisik dan jumlah koleksi, tetapi tidak pada layanan dan transaksi, sehingga terkesan bahwa perpustakaan bukan untuk pengguna, tetapi untuk pustakawan. Ditinjau secara umum, perpustakaan itu sebagai media pendidikan karena dijadikan sebagai pusat belajar sebab kegiatan yang paling tampak pada setiap kunjungan siswa adalah belajar, baik belajar masalah-masalah yang berhubungan langsung dengan mata pelajaran yang diberikan di kelas, maupun buku-buku lain yang tidak ada hubungannya dengan mata pelajaran. Akan tetapi apabila ditinjau dari sudut tujuan siswa mengunjungi perpustakaan, maka ada yang tujuannya untuk belajar, ada yang tujuannya untuk berlatih menelusuri buku-buku perpustakaan, ada yang tujuannya untuk memperoleh informasi Pusat sumber informasi tidak hanya bermanfaat untuk membantu proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah dan lembaga diklat tetapi juga lembaga lain, sepanjang berurusan dengan proses pendidikan dan pembelajaran di masyarakat pada umumnya. Perpustakaan sebagai sarana yang dikembangkan oleh pemerintah yang pengelolaannya diserahkan kepada pemerintah daerah ataupun lembaga pendidikan tentu memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan pendidikan. Karena perpustakaan telah menyediakan buku yang menunjang dalam proses pendidikan dan peningkatan pengetahuan terhadap peserta didik pada khsususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Perpustakaan sesuai dengan tujuan fungsinya yang sejalan dengan fungsi dan tujuan pendidikan yaitu untuk menamkan nilai luhur dan mendewasakan seorang anak, membantu proses pendidikan yang sedang berlangsung karena perpustakaan merupakan sarana pendidikan, dan merupakan salah satu tujuan pendidikan yaitu tujuan perantara. Dengan adanya perpustakaan peserta didik dapat terbantu dalam mencari buku-buku yang diperlukan dalam kegiatan belajar atau melakukan obyek kajian terhadap suatu buku, hal inilah yang menjadi tujuan perantara tersebut yaitu sarana untuk memberikan informasi kepada peserta didik untuk membantu proses perkembangan intelejen peserta individu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainuddin AF, Muhammadmuhammadzainuddinaf@gmail.comF03214029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Pendidikan
Perpustakaan
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Manajemen perpustakaan; proses belajar mengajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zainuddin AF Muhammad
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:17
Last Modified: 05 Feb 2020 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28982

Actions (login required)

View Item View Item