Pengaruh pemberian reward stiker bintang terhadap percaya diri anak kelompok B di TK Thoriqussalam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Zia Anggraeni (2018) Pengaruh pemberian reward stiker bintang terhadap percaya diri anak kelompok B di TK Thoriqussalam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zia Anggraeni Munawaroh_D98214066.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh percaya diri anak di TK Thoriqussalam yang belum berkembang dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest yang menunjukkan 11 dari 15 percaya diri anak belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat percaya diri anak kelompok B sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa reward stiker bintang dan untuk mengetahui pengaruh dari reward stiker bintang terhadap percaya diri anak kelompok B di TK Thoriqussalam Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan model penelitian eksperimen. Bentuk eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Dari desain tersebut penelitian ini terdapat kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Hasil penilaian yang diperoleh berdasarkan pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kondisi awal percaya diri anak sebelum pemberian reward stiker bintang belum berkembang pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol, hal ini dibuktikan dengan hasil pretest bahwa 11 dari 15 anak kelompok eksperimen memperoleh nilai 1 yang artinya belum berkembang dan 10 dari 15 anak kelompok kontrol memperoleh nilai 1 yang artinya belum berkembang. 2) Kondisi akhir percaya diri anak sesudah pemberian reward stiker bintang sangat berbeda dengan saat pretest pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol, hal ini dibuktikan dengan hasil posttest pada kelompok eksperimen bahwa 11 dari 15 anak memperoleh nilai 4 yang artinya berkembang sangat baik. 3) Pemberian reward stiker bintang berpengaruh terhadap percaya diri anak kelompok B TK Thoriqussalam Sidoarjo, hal ini dibuktikan dengan Uhitung = 4 dan Utabel = 64 dengan syarat perbandingan bahwa Uhitung < Utabel maka tolak H0 dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Zia Anggraenianggraenizia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendekatan
Keywords: Percaya diri; reward stiker bintang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Munawaroh Zia Anggraeni
Date Deposited: 11 Jan 2019 08:08
Last Modified: 11 Jan 2019 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28991

Actions (login required)

View Item View Item