Program live music dalam membentuk citra cafe: studi deskriptif di Adelia Cafe Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Mariya (2011) Program live music dalam membentuk citra cafe: studi deskriptif di Adelia Cafe Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mariya Ulfa_B06207052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu:(1) Bagaimana Adelia Cafe mengkonsep pengemasan program live music dalam membangun citra kafenya? (2) Bagaimana persepsi, kognisi, motivasi dan sikap pengunjung mengenai konsep pengemasan program live music yang ada di Adelia Cafe. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif yang memaparkan fakta dan data mengenai program live music kaitannya dengan upaya membentuk citra Adelia Cafe, kemudian data tersebut dianalisis dengan teori model pembentukan citra pengalaman mengenai stimulus milik Johns Nimpoeno, sehingga diperoleh gambaran yang sesuai yakni mengenai persepsi, kognisi, motivasi serta sikap pengunjung mengenai konsep pengemasan program live music yang ada di Adelia Cafe itu sendiri. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa konsep pengemasanya live music yang ada di Adelia Cafe berbeda dengan konsep pengemasanya live music yang ada pada kafe-kafe lainnya. Umumnya, kafe-kafe lain menyajikan live music dengan menghadirkan penyanyi ataupun band secara langsung dihadapan pengunjung, baik penyanyi ataupun band tersebut dari tingkat lokal maupun nasional pada setiap performanya, namun Adelia Cafe memberikan konsep pengemasan yang berbeda yakni dengan tidak menyediakan penyanyi untuk menghendel acara, tetapi pihak adelia menyediakan MC (master of ceremony) untuk menghendel acara tersebut sehingga tamu ataupun pengunjung bisa ikut berpartisipasi untuk menyanyi dalam acara live music. MC (master of ceremony) itu sendiri diambil dari waitress dari Adelia Cafe sendiri, sehingga hal ini akan lebih mendekatkan pengunjung dengan waitress Adelia Cafe tentunya. Selain itu, dengan konsep pengemasan live music yang sedemikian itu ternyata mendapatkan respon dan anemo yang positif pula dari pengunjung, dan pada akhirnya akan berujung pada citra positif kafe itu sendiri. Bertitik tolak dari penelitian ini, saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pengelola kafe dan pihak lainnya dalam membangun citra kafe adalah dapat ditekankan pada kreatifitas dalam menyajikan konsep pengemasan live music, yakni dengan memberikan konsep yang berbeda-beda dan unik pada tiap penyajiannya agar pengunjung tidak merasa cepat bosan dengan konsep pengemasan live music yang sudah ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, MariyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Program Live Music; Membentuk Citra Kafe
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2019 02:33
Last Modified: 08 Jan 2019 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28992

Actions (login required)

View Item View Item