Bimbingan keagamaan dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Lapas Kelas II-A Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttaqin, Ainul (2018) Bimbingan keagamaan dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Lapas Kelas II-A Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainul Muttaqin_F12316218.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang bimbingan keagamaan dalam menanamkan nilai-nilai keislaman bagi warga binaan lembaga pemasyarakatan di lapas kelas II-A Pamekasan. Tujaun penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bimbingan keagamaan yang diterapkan, dampak dari bimbigan keagamaan tersebut dan factor yang mendukung serta menghambat terlaksananya program bimbingan keagamaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus pada lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan. Metode pengumpulan data dalam tesis ini menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya bimbingan keagamaan dalam menanamkan nilai-nilai keislaman yakni dengan memberikan motivasi kepada warga binaan dan membiasakan warga binaan untuk selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Dari hasil yang didapatkan Dampak yang diberikan kepada warga binaan yakni menghasilkan efek positif bagi warga binaan dan menjadikan warga binaan lebih baik, terdapat kegiatan-kegiatan bimbingan keagamaan yang dilakukan di lembaga pemasyarakatan kelas II A Pamekasan, dari segi aqidah yakni dengan memberikan pengajian rutin untuk memantapkan hati wbp di jalan Allah SWT, dalam segi syariat wbp di ajarakan baca al-Qur’an, melaksanakan sholat berjemaah bersama, melakukan kegiatan di bulan ramadhan, serta masih banyak kegiatan syariat yang dilakukan di lembaga pemasyarakatan kelas II A Pamekasan, sedangkan dalam segi akhlak wbp di berikan kegiatan bimbingan keagamaan yang bisa menanamkan akhlak yang baik bagi warga binaan lembaga pemasyarakatan contohnya dengan melakukan kegiatan bersih-bersih, memperingati kelahiran nabi Muhammad SAW, dan kegiatan yang berbeda dengan lembaga pemasyarakatan yang lain yakni kegiatan moorning meeting dimana di dalam kegiatan ini wbp belajar bagaimana mereka berbagi, minta maaf, mengeksplor diri mereka, memberikan penghargaan kepada orang lain, memberikan teguran kepada orang lain, dan juga belajar untuk menerima teguran dari orang lain.Factor yang mendukung dalam terlaksananya bimbingan keagamaan yakni adanya kebijakan khusus dari kementerian hukum dan HAM, adanya bantuan dari kementerian agama sekitar lembaga pemasyarakatan, kesabaran dan ketelatenan serta kekompakan pegawai dalam memberikan bimbingan keagamaan, dan sarana prasana yang mendukung. Sedangkan factor yang menghambat yakni adanya warga binaan yang terkadang tidak mendengarkan bimbingan dari pegawai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttaqin, Ainulainulmuttaqin694@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Bimbingan Konseling
Bimbingan
Keywords: Bimbingan keagamaan; nilai-nilai keislaman; Lembaga Pemasyarakatan Lapas
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muttaqin Ainul
Date Deposited: 22 Jan 2019 03:41
Last Modified: 22 Jan 2019 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29018

Actions (login required)

View Item View Item