Perilaku komunikasi masyarakat pada ritual sedekah bumi di Desa Pancur Kecamatan Temayang Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budiono, Budiono (2011) Perilaku komunikasi masyarakat pada ritual sedekah bumi di Desa Pancur Kecamatan Temayang Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Budiono_B06207105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu ( 1) proses pelaksanaan tradisi sedekah bumi di desa Pancur Kecamatan Temayang Bojonegoro, (2) perilaku komunikasi masyarakat Desa Pancur dalam ritual sedekah bumi. Sebagaimana persoalan-persoalan tersebut akan diuraikan peneliti secara menyeluruh dan mendalam dalam penelitian ini. Sebagai upayanya maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis isi deskriptif yang bertujuan untuk memberikan fakta dan data mengenahi simbol representasi kebudayaan yang ada pada ritual sedekah bumi yang ada di desa pancur kecamatan temayang kabupaten bojonegoro, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif menurut bogdan dan taylor, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Adapun hasil penelitian ini ditemukan (1) mempertahankan nilai kebudayaan masyarakt setempat, kesatuan, dan sling gotong royong. (2) Kesetiaan dan Pengabdian orang-orang terhadap nilai budaya. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi masyarakat Desa Pancur Kecamatan Temayang Bojonegoro yaitu (1) semoga acara ritual ini biasa turun-temurun sampai anak cucu dan melestarikan acara tersebut. (2) kebersamaan antar warga setempat, merupakan keyakinan pribadi, terdapatnya hubungan harmonis antara individu dengan masyarakat tersebut lebih terjaga, tetapi jangan sampai lupa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga penelitian ini sebagai langkah awal dan pelestarian budaya, khususnya di daerah ini, dan sebagai referensi di masa depan, dan semoga jika ada penelitian tentang atau sesuai judul yang saya paparkan semoga lebih baik dari apa yang saya paparkan sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budiono, BudionoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Ritual Sedekah Bumi; Perilaku Komunikasi; Ritual Sedekah Bumi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2019 02:11
Last Modified: 11 Jan 2019 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29023

Actions (login required)

View Item View Item