Studi analisa tentang methode dan sistematika Tafsir Ibnu Badis oleh Abdul Hamid Ibnu Badis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakih, Nur (1989) Studi analisa tentang methode dan sistematika Tafsir Ibnu Badis oleh Abdul Hamid Ibnu Badis. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fakih_2478.pdf

Download (26MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29034

Abstract

Al Quran adalah wahyu Allah Swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw dengan menggunakan Bahasa Arab, di dalamnya mengandung berbagai macam ilmu pengetahuan yang tidak mudah difahami oleh setiap manusia, apalagi jika tidak mengerti corak ragam uslub Bahasa Arab yang mempunyai nilai sastra yang tinggi. Untuk mengungkap isi kandungan kalam Ilahi harus menggunakan alat sebagai sarana menuju kepada pengetahuan yang terkandung di dalam al Quran, alat sebagai penjelas makna ayat-ayat al Quran adalah tafsir. Masalah dalam pembahasan ini menyangkut apa yang menjadi latar belakang dan tujuan penyusunan tafsir Ibnu Badis. Apa metode dan sistematika yang dipergunakan Ibnu Badis dalam menafsirkan ayat-ayat al Quran. Bagaimana nilai tafsir Ibnu Badis jika ditinjau dari segi metode dan sistematikanya. Untuk menganalisa data yang terkumpul dalam pembahasan ini menggunakan metode induktif, deduktif, dan komparatif yang kemudian disajikan secara informative diskriptif dengan hasil kesimpulan akhir diantaranya bahwa latar belakang penyusunan kitab tafsir Ibnu Badis adalah keadan umat Islam pada saat itu sedang dilanda kebekuan pemikiran, sehingga umat Islam mundur tertinggal oleh dunia barat yang sudah menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi. Metode tafsir Ibnu Badis adalaj metode Maudlui jika dilihat dari segi sasaran dan tertib tafsirnya ayat-ayat al Quran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakih, Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir Al Quran; Metode Tafsir; Tafsir Ibnu Badis
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2019 07:05
Last Modified: 14 Jan 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29034

Actions (login required)

View Item View Item