Pengajian tafsir al-Qur’an Padang Bulan di Desa Mentoro Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Muchamad (1999) Pengajian tafsir al-Qur’an Padang Bulan di Desa Mentoro Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchamad Yusuf_E03393091.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29041

Abstract

Al-Qur’an disamping diturunkan untuk menjadi petunjuk bagi masyarakat yang hidup pada masa turunnya 15 abad yang lalu, juga ditujukan pada masyarakat kini dan masa yang akan datang. Dengan demikian ia berdialog dengan seluruh generasi dan kecamnya sekaligus tertuju pada semua pihak. Rumusan masalah dalam [penelitian ini adalah; 1. Bagaimana fenomena-fenomena yang ada pada pengajian tafsir al-Qur’an Padang Bulan di Desa Mentoro Sumobito Jombang, 2. Bagaimana metode yang diterapkan pada pengajian tafsir al-Qur’an dan upaya pengajian tersebut dalam membina persaudaraan dan persatuan umat Islam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan empat teknik analisis yaitu; analisa domain, analisa teksonomis, analisa komponensial, dan analisa tema kultural. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1. Keberadaan pengajian tafsir al-Qur’an ini berada di Desa Mentoro Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang, yang pelaksanaannya setiap tanggal 15 Qomariyah (malam purnama) yang diasuh oleh Drs. Fuad Efendiy (cak Fuad) dan Emha Ainun Najib (cak Nun). Sedangkan tujuan dari pengajian ini adalah; a.ingin menghidupkan kembali dinamika kehidupan beragama yang lebih dinamis dengan berlandaskan al-Qur’an dan Hadis. b. untuk mempererat tali persaudaraan dan kesatuan diantara sesama umat Islam tanpa harus membeda-bedakan antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga diharapkan umat Islam dapat hidup rukun, tenteram, aman, sehingga agama Islam menjadi kokoh, kuat dan tegar. 2. Metode yang diterapkan pada pengajian tafsir al-Qur’an ini ada dua model penafsiran yaitu penafsiran secara tekstual dan kontekstual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, MuchamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pengajian; tafsir al-Qur’an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2019 03:23
Last Modified: 15 Jan 2019 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29041

Actions (login required)

View Item View Item