Citra perempuan pesantren dalam Film Perempuan Berkalung Surban: studi analisis semiotic model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi KH, Wildan (2010) Citra perempuan pesantren dalam Film Perempuan Berkalung Surban: studi analisis semiotic model Roland Barthes. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildan Afandi KH_B06304053.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29044

Abstract

Fokus perhatian dalam penelitian skripsi ini adalah: Bagaimana makna citra perempuan pesantren yang dimunculkan dalam film tersebut. Untuk menjawab permasalahan di atas, penilitian ini, berjenis analisis isi kualitatif yang mengandalkan analisis yang bersifat deskriptif dengan mementingkan proses daripada hasil. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis semiotic model Roland Barthes yang fokus perhatiannya tertuju pada gagasan signifikasi dua tahap (two order signification). Dari hasil penelitian ini di kemukakan bahwa: Symbol perempuan pesantren dalam film perempuan berkalung surban digambarkan melalui setting lokasi, pengambilan gambar, adegan-adegan dan dialog-dialog yang ada dalam film tersebut. Mengungkapkan bagaimana citra dan perlakuan perempuan pesantren dalam film tersebut. Dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas film dan penglolanya adalah: Hendaknya peminat film mengutamakan peran moral dan ide cerita dalam membuat sebuah karya film. Bukan hany3 mengikuti trend yang ada dan hanya ingin membuat karya film. Bagi peminat film supaya lebih jeli dan teliti dalam memahami makna film yang ditayangkan sehingga dapat memahami sisi positif dari film trsebut. Bagi insane perfilman hendaknya dapat dan lebih mengutamakan alur cerita dan kualitas baik makna maupun teknis dalam pembuatan film agar dapat menjadi sarana pembelajaran bagi masyarakat yang menonton.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi KH, Wildan--UNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Wanita dalam Islam
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Citra perempuan; perempuan pesantren; Film Televisi; Perempuan Berkalung Surban; Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2019 08:20
Last Modified: 15 Jan 2019 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29044

Actions (login required)

View Item View Item