Tafsir Tarbawi: sebuah pendekatan alternatif dalam tafsir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bisri, Abdul Mukti (2000) Tafsir Tarbawi: sebuah pendekatan alternatif dalam tafsir. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Mukti Bisri_F0349740.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29052

Abstract

Tafsir tarbawi yang sudah mulai dibahas di kalangan perguruan tinggi Islam masih perlu disempurnakan agar menjadi sebuah pendekatan alternatif dalam menafsirkan al-Qur'an. Peneliti menganggap perlu untuk merumuskan definisi dari tafsir tarbawi karena definisi yang sudah ada masih kurang pas dengan yang diharapkan dari tafsir ini, sehingga perlu juga dirumuskan kerangka kerja yang didasarkan kepada definisi yang baru tersebut. Dua masalah ini merupakan topik utama tesis ini. Untuk melengkapi pembahasan, dalam tesis ini dikemukakan juga conoh penerapan kerangka kerja tafsir tarbawi dalam menggali 2 masalah penting dalam pcndidikan, yaitu konsep manusia pendidikan dan tujuan pendidikan. Dengan menggunakan bentuk-bentuk penelitian kepustakanan. Melalui pendekatan etimologi dan historis, pencarian definisi tafsir tarbawi sampai pada suatu kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan tafsir tarbawi adalah Ilmu yang membahas makna atau kandungan ayat-ayat al-Quran dalam teta krama atau masalah-masalahpendidikan Islam (tarbiyah). Scdangkan kerangka kerja tafsir ini disusun berdasarkan metode-metode tafsir yang sudah diakui, diataranya metode Tahlili dan metode mawdui (tematis). Untuk melengkapi bahasan, dalam tesis ini dibahas aplikasi tafsir tarbawi dalam menggali 2 tema penting dalam pendidikan, yaitu konsep tentang manusia dan konsep tentang tujuan pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bisri, Abdul Mukti--UNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir Tarbawi; pendekatan alternatif; tafsir alternatif
Divisions: Program Magister > Ilmu Keislaman
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2019 04:43
Last Modified: 16 Jan 2019 04:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29052

Actions (login required)

View Item View Item