Studi analisis tentang metode dan sistematika Tafsir Al-Ibriz oleh KH. Bisyri Musthafa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzayyin, Ahmad (1989) Studi analisis tentang metode dan sistematika Tafsir Al-Ibriz oleh KH. Bisyri Musthafa. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Muzayyin_1833.pdf

Download (23MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29053

Abstract

Pada masa Nabi Muhammad masih hidup, penjelasan beliau tentang persoalan hidup yang ada kaitannya dengan al-Qur’an belum sekomplek seperti yang dialami oleh generasi berikutnya. Setelah beliau wafat, para sahabat, tabi’in dan ahli tafsir berupaya mengabadikan dalam bentuk karya tulis dengan jumlah berpuluh-puluh bahkan berates-ratus, salah satu diantaranya Al Ibriz karya KH. Bisyri Msthafa dalam Bahasa Jawa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1. Metode apakah yang digunakan dalam Al-Ibriz untuk menafsirkan al-Qur’an. 2. Bagaimana sistematika Al-Ibriz dalam menafsirkan al-Qur’an. 3. Dari sistematika dan metode yang dipakai, kemudian apa status Al-Ibriz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif, metode induktif dan metode komparatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1. Metode Al-Ibriz ditinjau dari sumbernya adalah termasuk metode tafsir birra’yi, ditinjau dari segi sistem penjelasannya adalah metode tafsir bayani, ditinjau dari segi keluasan penjelasannya termasuk metode tafsir ijmali, ditinjau dari segi sasaran dan tertib ayat adalah termasuk metode tafsir tahlili. 2. Sistematika tafsir Al-Ibriz adalah sistematika lengkap. 3. Al Ibriz adalah termasuk kategori tafsir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzayyin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Metode tafsir; tafsir Al-Ibriz; KH. Bisyri Musthafa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:27
Last Modified: 16 Jan 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29053

Actions (login required)

View Item View Item