Manajemen advertising di Radar Surabaya: perspektif komunikasi organisasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulistiyawati, Eli (2011) Manajemen advertising di Radar Surabaya: perspektif komunikasi organisasi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eli Sulistiyowati_B06207043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Radar Surabaya memiliki ruang berita dan ruang iklan yang setiap hari selalu diisi dengan informasi hangat dan menarik. Radar Surabaya adalah sebuah surat kabar yang dinamis dan memiliki manajemen periklanan yang bagus sehingga mereka mampu menggaet pengiklan baik dari kalangan bawah maupun kalangan atas. Manajemen yang baik didukung dengan komunikasi yang baik pula dalam proses manajemennya. Dari konteks penelitian tersebut permasalahan yang hendak dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana proses manajemen advertising di Radar Surabaya dalam perspektif komunikasi organisasi. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam. peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif sesuai dengan persoalan tersebut maka tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Untuk menegaskan keabsahan data maka dilakukan melalui data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclution drying and verification (penarik kesimpulan dan verifikasi). Dari hasil penelitian radar Surabaya maka dapat disimpulkan bahwa proses manajemen advertising dalam perspektif komunikasi di radar Surabaya meliputi perencanaan dengan menentukan pengiklan sebagai inti dari manajemen periklanan yang dilakukan oleh account eksekutif dan strategi periklanan radar Surabaya dalam mensiasati khalayak yang heterogen dengan menampilkan jenis­-jenis iklan yang variatif. Pengorganisasian diradar Surabaya terdiri dari 3 divisi yang bertugas melakukan proses manajemen advertising yaitu: divisi account eksekutif, divisi tim kreatif dan divisi administrasi periklanan. Dalam pelaksanaanya divisi-divisi manajemen advertising harus saling berkoordinasi untuk membuat iklan yang bagus dan menarik. Pengawasan yang dilakukan di radar surabaya meliputi tentang ukuran iklan, warna, komponen-komponen iklan seperti pesan dan gambar, tata letak iklan apakah sesuai dengan yang order dari admin atau tidak dan berapa iklan yang didapat dalam satu bulan oleh AE apakah sesuai dengan yang ditargetkan. Pengawasan dilakukan dalam setiap aktifitas mulai dari awal hingga akhir untuk meminimalisir kesalahan. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas manajemen periklanan radar Surabaya yaitu manajemen advertising di radar Surabaya masih kurang tenaga kerjanya. Sebaiknya ada penambahan jumlah karyawan sehingga jobdisk tiap divisi dapat dikerjakan secara maksimal. Komunikasi yang terjadi dalam organisasi baik komunikasi vertikal maupun komunikasi horisontal lebih dimaksimalkan dilihat dari interaksi yang ada di lokasi periklanan Radar Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulistiyawati, EliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Manajamen Advertising; Komunikasi Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2019 07:32
Last Modified: 17 Jan 2019 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29058

Actions (login required)

View Item View Item