Analisis simbol iklan rokok Dji Sam Soe Gold edisi halus dan mantap: kajian analisis semiotik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyyah, Chamilatus (2011) Analisis simbol iklan rokok Dji Sam Soe Gold edisi halus dan mantap: kajian analisis semiotik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chalimatus Sa'diyyah_B06207095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua fokus penelitian yang akan dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Apa saja penanda (signifier) dan petanda (signified) simbol yang terdapat pada iklan Dji Sam Soe Gold edisi halus dan mantap, (2) Bagaimana makna simbol Dji Sam Soe Gold edisi halus dan mantap menurut pendekatan Roland R Barthes. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah paradigma kritis metode kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik pendekatan Roland Barthes. Subyek penelitian ini adalah iklan Dji Sam Soe Gold pada media billboard. Sedangkan obyek penelitiannya adalah ilustrasi pada iklan Dji Sam Soe Gold, antara lain photografi matahari terbit, penggunaan warna dominan emas dan hitam, tipografi yang terdapat pada headline, serta mitos-mitos dan konteks sosial yang mempengaruhi makna konotasi dari iklan Dji Sam Soe Gold Edisi Halus dan Mantap. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa (1) makna tanda verbal yang terdapat pada iklan Dji Sam Soe Gold lebih kepada menguatkan dan membantu pembaca iklan untuk lebih memahami visual matahari terbit. (2) makna tanda visual matahari terbit menjelaskan bagaimana rokok Dji Sam Soe Gold itu, baik dari segi tampilan luarnya, maupun kualitasnya, yang kesemuanya mengusung kemewahan. Saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas iklan dan pengelolanya adalah sebaiknya dalam mengeksekusi iklan, khususnya untuk iklan media luar ruang, kenyamanan pembaca juga harus diperhatikan. Sebab pembaca iklan kebanyakan adalah pengguna jalan, sehingga frekuensi untuk melihat iklan bisa dikatakan cukup sebentar. Sebab ketika iklan tersebut berorientasikan landscape, maka sebaiknya penulisan headline ikut disesuaikan juga orientasinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyyah, ChamilatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Iklan; Analisis Semiotik; Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2019 04:03
Last Modified: 18 Jan 2019 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29064

Actions (login required)

View Item View Item