Efektivitas pemanfaatan pusat pelayanan pengaduan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik oleh masyarakat Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhiroh, Nadhiroh (2011) Efektivitas pemanfaatan pusat pelayanan pengaduan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik oleh masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadhiroh_B06207025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Apakah ada Efektivitas Pemanfaatan Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik oleh Masyarakat Kabupaten Sidoarjo. (2) Sejauh mana tingkat keefektifan Pemanfaatan Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik oleh Masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitiaan ini digunakanlah metode kuantitatif yang digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan mengenai pemanfaatan P3M terhadap kualitas pelayanan publik oleh masyarakat Kabupaten Sidoarjo yang bertumpu pada penggunaan angka-angka atau rumus-rumaus statistik sebagai alat ukur hasil sebuah penelitian. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi product moment, dan uji signifikansi koefisien koretasi sederhana “Uji-t”. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: (1). koefesien korelasi product moment pearson adalah 0,328 dengan signifikansi 0,002.Karena signifikansi < 0,05, maka Ho ditolak, berarti Ha di terima. Artinya ada efektivitas pemanfaatan Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik oleh Masyarakat Kabupaten Sidoarjo Dalam pedoman untuk interprestasi koefisien korelasi nilai korelasi sebesar 0,328 menpunyai korelasi rendah. (2). Hasil Uji-t sederhana dapat diketahui nilai T Hitung > T Tabel (3,182 > 1,989) dan P value (0,002 < 0,05) maka HO ditolak, maka Ha diterima. Artinya bahwa ada efektivitas pemanfaatan pusat pelayanan pengaduan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik oleh masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Karena t hitung nilainya positif, berarti keefektifan pemanfaatan P3M bernilai positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan publik oleh masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Bertitik tolak pada penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas pelayanan publik adalah (1).Meningkatkan layanan informasi publik yang disampaikan secara berkualitas.(2). Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang handal dalam bidang teknologi informasi.(3). Perlu adanya kepemimpinan yang kuat dan inovatif.(4). Meningkatkan koordinasi antar instansi pemerintah yang tergabung dalam Bakohumas Pemerintah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhiroh, NadhirohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Pemanfaatan P3M; Teknologi Kominikasi; Kualitas Pelayanan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2019 08:57
Last Modified: 22 Jan 2019 08:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29082

Actions (login required)

View Item View Item