Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran al-Qur’an di Ma’had Umar bin Khattab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fannani, Achmad Zainuddin (2009) Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran al-Qur’an di Ma’had Umar bin Khattab. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Zainuddin Fannani_D01302075.pdf

Download (611kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29084

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian skripsi ini adalah Tuhan tidak menciptakan manusia tanpa dibekali pegangan untuk menjalani kehidupan di dunia untuk mencapai tujuan hidupnya Tanpa pedoman hidup niscaya manusia akan tersesat dan tidak terarah dalam menjalani kehidupan ini. Oleh karena itu, manusia dibekali Al Qur'an dan Hadits sebagai pedoman hidup. Al Qur'an, kitab suci umat Islam yang merupakan kitab terakhir yang diturunkan Allah untuk umat manusia sebagai penyempuma kitab-kitab yang telah diturunkan sebelumnya, berisi tuntunan hidup untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan (IPTEK) pembelajaran Al-Qur'an semakin variatif antara lain dengan media audio visual. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah; a. bagaimana pelaksanaan media audio visual dalam pembelajaran Al-Qur'an, b. bagaimanakah pelaksanaan strategi pembelajaran Al-Qur'an di Ma'had Umar bin Khattab, c. bagaimana pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran Al-Qur'an di Ma'had Umar bin Khattab. Penelitian lapangan ini menggunakan metode kualitatif diskriptif. Sumber data yang digunakan adalah library research dan field research dengan menggunakan teknik pengurnpulan data: observasi, dokumentasi serta wawancara. Penganalisaan data dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pengabsahan data dilakukan dengan ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Al-Qur'an dapat menciptakan suasana dan pengalaman baru bagi para siswa yang selama ini hanya monoton pada metode ceramah. Strategi pembelajaran Al-Qur'an di ma'had Umar bin Khattab menggunakan tiga metode yaitu; metode qiro'ah, metode at-tartid, dan metode tajwid. Dengan kemajuan iptek media pembelajaranpun menjadi lebih variatif, media internet digunakan sebagai pembelajaran Al-Qur'an di Ma'had Umar bin Khattab. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, agar siswa bisa terus belajar dengan mandiri di luar kelas sebaiknya di lengkapi dengan sistem wi-fi sehingga siswa masih bisa belajar melalui internet, tentu saja dengan pengawasan sistem yang mencegah siswa untuk bisa mengakses situs-situs porno atau situs-situs lain yang tidak bermanfaat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fannani, Achmad ZainuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Media audio visual; pembelajaran; al-Qur’an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2019 09:17
Last Modified: 22 Jan 2019 09:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29084

Actions (login required)

View Item View Item